Investigasi Sementara Polda Riau Ungkap Alasan Kaburnya Tahanan di Sialang Bungkuk
Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo/Dokumentasi Polda Riau

Investigasi Sementara Polda Riau Ungkap Alasan Kaburnya Tahanan di Sialang Bungkuk

Senin, 15 Mei 2017 | 14:38 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Desas desus alasan kaburnya napi di tahanan Sialang Bungkuk selama ini memang sudah beredar di masyarakat. Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo kepada media memaparkan hasil investigasi sementara terkait motif para napi.

"Awalnya karena overcapacity , kondisi seperti itu dimanfaatkan oleh pihak-pihak atau oknum-oknum yang ada di lapas," katanya saat dihubungi media, Senin (15/05/2017).

Kedua, lanjut Guntur, terkait pelayanan yang kurang mengenakkan bagi tahanan.

"Ada unsur kekerasan juga seperti kayak memukul tahanan. Itu isu-isu yang keluar. Itulah akumulasi dari faktor-faktor tadi," lanjutnya.

Guntur kembali menegaskan, bentuk-bentuk kekerasan yang dialami oleh para napi di Lapas Sialang Bungkuk dari berbagai macam bentuk.

"Misalnya saat menelepon keluarga, harus bayar permenitnya berapa, makanannya dalam lapas tidak manusiawi. Tapi kita dalami lagi otaknya siapa karena kita mau interogasi lagi cukup sulit, mereka sudah resistan dengan polisi," tegasnya.

Hingga saat ini, pungkasnya, aparat sudah meminta keterangan sebanyak 20 orang, baik dari pihak lapas, penghuninya dan keluarga untuk mengkroscek informasi tentang keadaan di lapas yang memicu tahanan kabur.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...