Investor Hati-Hati Akan Pemotongan Suku Bunga Cina

Investor Hati-Hati Akan Pemotongan Suku Bunga Cina

WinNetNews.com - Pemotongan suku bunga Cina membuat investor di Eropa semakin hati-hati. Seperti dilansir The Guardian, ini adalah pemotongan suku bunga keenam dalam satu tahun. Suku bunga deposito jatuh dari 1.75% menjadi 1.5%. dan suku bunga utama turun jadi 4.35%.

Ini mengikuti laporan bahwa pertumbuhan ekonomi dalam kuartal terakhir 2015 turun menjadi 6.9%. Angka ini terendah dalam enam tahun terakhir. Penurunan ekspor menjadi faktor terbesar dikarenakan mata uang Cina, Yuan, terlalu dinilai tinggi.

Investor juga menanti apakah the Fed akan menunda kenaikan suku bunga sejak terakhir kali 2008/2009. Pasar saham sejauh ini bereaksi positif. FTSE 100 sudah naik 90 poin, DAX Jerman dan CAC Perancis naik 3%.

Beberapa ekonom memprediksikan kemandegan ekonomi setelah krisis perbankan dan euro. Perlanbatan di Cina bisa menambah kemandegan ini. Keputusan Cina ini menandakan kekhawatiran akan perlamnatan ekonomi dan ini merupakan cara agar ekonomi bergairah, ungkap Sanjiv Shah, chief investment Officer dari Sun Global Investments.