iPhone Lakukan Monopoli Penjualan di Mesir?

Rusmanto
Rusmanto

iPhone Lakukan Monopoli Penjualan di Mesir? ilustrasi

WinNetNews.com - Tak lama setelah dilarang menjual sejumlah iPhone jadulnya di China, kini Apple kembali terbelit masalah baru, yaitu tudingan monopoli penjualan di Mesir.

Tudingan monopoli itu dialamatkan ke Apple setelah ponsel buatannya itu hanya bisa dijual melalui sejumlah kecil peritel resmi. Menurut pihak berwajib di Mesir, hal ini sengaja dilakukan untuk membatasi kompetisi dan membuat Apple bisa mematok harga tinggi untuk iPhone.

Sebagai perbandingan, iPhone XS Max 512 GB di Mesir dijual dengan harga USD 1.983, sementara di negara tetangganya seperti Uni Emirat Arab, ponsel yang sama dijual dengan harga USD 1.668.

Tudingan ini adalah hasil dari investigasi selama dua tahun ke belakang oleh Egyptian Competition Authority (ECA), yang kini memerintahkan Apple untuk menghapus batasan untuk menjadi distributor iPhone di Mesir. Mereka diberi tenggat waktu selama 60 hari untuk memenuhi perintah ini.

Jika Apple tak bisa memenuhi tenggat ini, ECA akan mengambil langkah hukum untuk memperkarakan Apple di meja hijau, demikian dikutip dari Phone Arena, Kamis (13/12/2018).

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Apple Hadapi Tudingan Monopoli di Mesir"
 

Apa Reaksi Kamu?