IPO: Kepala Otorita IKN Sebaiknya dari Setneg
Foto: Suara

IPO: Kepala Otorita IKN Sebaiknya dari Setneg

Selasa, 10 Mar 2020 | 11:05 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Kemunculan empat nama kandidat pemimpin Ibu Kota Negara (IKN) baru ke depan masih menjadi rahasia publik, meski mengerucut pada nama eks Gubernur DKI Jakarta yang kini berposisi sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disibukkan dengan penyeleksian beberapa kandidat IKN" onclick="ga('send', 'event', 'Tag', 'Click', 'Tag Kepala Otorita IKN');">Kepala Otorita IKN, yang setara dengan menteri ini. Dari sekian nama yang mencuat ke permukaan, menjadi perhatian Indonesia Political Opinion (IPO).

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah Putra menilai sosok yang tepat mengisi kursi Kepala Otorita IKN adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). Menurut Dedi, IKN akan melibatkan banyak pihak, sehingga ada baiknya dipimpin oleh Sekretariat Negara (Setneg)

“Kemudian para menteri lain memiliki tanggung jawab yang sesuai dengan bidangnya terkait pembangunan IKN," ucapnya seperti dikutip Indozone, Senin, (9/3).

Dedi melanjutkan, badan otorita seyogyanya tidak dipimpin oleh nama tokoh, melainkan oleh struktur pemerintah. Ia berpendapat, siapapun Setnegnya nanti, dia yang akan meneruskan.

"Terlebih lagi, jangan sampai IKN baru dipimpin oleh nama di luar pemerintah karena memungkinkan menjadi megaproyek swasta, dan tentu akan kental nuansa korporasi," jelasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...