IPW: Penunjukan Tito Karnavian Sebagai Calon Kapolri Berdampak Kurang Baik

Zaenal Arifin
Rabu, 15 Juni 2016 17:20 WIB
Oleh Zaenal Arifin pada Rabu, 15 Juni 2016 17:20 WIB
Image IPW: Penunjukan Tito Karnavian Sebagai Calon Kapolri Berdampak Kurang Baik

Jakarta, Winnetnews.com - LSM Indonesia Police Watch (IPW) menilai, penunjukan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri akan berdampak kurang baik bagi sistem kaderisasi Polri.

"Keputusan Presiden (Joko Widodo) ini bisa merusak tatanan dan sistem kaderisasi di Polri," kata Ketua Presidium IPW Neta S. Pane saat dihubungi di Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Pasalnya, menurut dia, ada lima angkatan yang lebih senior dibandingkan Tito untuk bisa dipertimbangkan menjadi Kapolri. Meski memilih calon Kapolri adalah hak prerogatif Presiden Joko Widodo, menurutnya, presiden harus memperhatikan jenjang karir dan kepangkatan calon kapolri yang ditunjuknya.

"Seharusnya presiden memperhatikan jenjang karir dan kepangkatan seperti yang diamanatkan Pasal 11 UU No 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian. Artinya kalau Tito dijadikan Kapolri tentunya harus diperhatikan dia masih terlalu muda. Pensiunnya pun masih lama, tahun 2022," katanya.

Ia berpendapat masih banyak jenderal bintang tiga senior lainnya yang lebih pantas untuk mengisi jabatan Kapolri saat ini. "Tito terlalu junior, masih banyak senior diatas dia. Kalaupun Tito akan menjadi Kapolri, mungkin bisa saja di masa mendatang. Tapi jangan sekarang," katanya. 

Minyak Zaitun Cegah Keriput dan Garis Halus
Baru Pindah ke Juventus, Ronaldo Kembali Bikin Rekor Baru

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.