Irak Dan Suriah Akan Menjadi Negara Gagal

Irak Dan Suriah Akan Menjadi Negara Gagal

 

Wingamers.com - Irak dan Suriah akan menjadi negara gagal. Seperti dilansir dari abcnews, Lt Gen Vincent Stewart dari Defense Intelligence Agency mengatakan bahwa negara yang terkoyak perang itu akan pecah berdasarkan kelompok dan sekte.

Vincent memprediksikan Suriah akan pecah menjadi dua atau tiga negara dan Irak perlahan-lahan susah menerima perbedaan etnis yang ada.

Direktur CIA, John Brennan mengatakan bahwa pemerintah kedua negara tersebut sudah hilang kendali atas negaranya sendiri sebab ISIS sudah ada. Warga Irak dan Suriah lebih mengidentifikasi diri mereka dalam suku atau sekte agama, bukan negara.

Sejarahnya Irak dan Suriah adalah ciptaan diplomat Inggris dan Perancis ketika kekaisaran Ottoman runtuh sesudah Perang Dunia I. Dua negara itu punya komunitas Sunni, Syiah dan Kurdi. Irak saat ini didominasi Syiah yang terafiliasi ke Iran sementara pemerintahan Bashar Assad adalah Syiah dari suku Alawit. Keduanya melawan ISIS.

Saat ini kebijakan pemerintahan Obama adalah dua negara itu masih diakui sebagaimana adanya. Namun seperti diketahui, perkembangan politik selalu dinamis. Bisa jadi demi berakhirnya konflik maka dua negara itu harus dipecah berdasarkan etnis dan keyakinan.