Iran Bakal Tempatkan Rudal S-300 di Pangkalan Militer

Iran Bakal Tempatkan Rudal S-300 di Pangkalan Militer

Winnetnews.com – Sistem pertahanan rudal jarak jauh buatan Rusia, S-300 sudah sampai di Iran. Bahkan kini Iran telah mengklaim kalau sistem rudal canggih tersebut telah ditempatkan di pangkalan militernya. Penempatan tersebut sepertinya menjadi cerita penutup terkait dengan kontroversi pembelian rudal jarak jauh tersebut.

"Sistem rudal S-300 ditempatkan di pangkalan pertahanan udara Iran, Khatam al-Anbia," kata Menteri Pertahanan Iran, Brigadir Jenderal Hossein Dehqan.

Dilansir dari Rusia Today, selain memiliki sistem rudal S-300, Dehqan juga mengaku negaranya telah memproduksi Bavar-373, sebuah rudal yang mempunyai karekateristik mirip dengan S-300. Bavar-373 rencananya akan diproduksi massal pada akhir tahun ini.

Iran merupakan salah satu negara yang telah mampu mandiri dalam industri pertahahan. Sehingga hal tersebut membuat Israel selalu merasa khawatir dengan perkembangan persenjataan Iran selama ini.

Sebelumnya, pada bulan April lalu, Iran telah memamerkan beberapa eleman dari sistem pertahanan rudalnya yang dibeli dari Rusia saat parade Hari Tentara Nasional di Teheran.

Sekedar informasi, Rusia memasok versi terbaru dari sistem rudal S-300 kepada Iran. Pada pertengahan April, Rusia mengumumkan pengiriman rudal sudah dimulai dan bahwa kesepakatan akan sepenuhnya ditutup sebelum akhir tahun.