(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Iran dan Rusia Semakin Mesra

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Iran dan Rusia Semakin Mesra

 Wingamers.com - Iran dan Rusia semakin mesra menjalin hubungan. Presiden Iran Hassan Rouhani dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengemukakan tekad mereka untuk menyertakan pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam perlawanan terhadap kelompok milisi ISIS.

Baca juga: Rusia Membangun Pangkalan Militer di Suriah

Iran dan Rusia sepakat memerangi ISIS namun Iran ingin pemerintahan Bashar Al-Assad tetap disertakan sebagai sekutu sebagaimana dikutip kantor berita AFP. Sikap Iran dan Rusia tidak sejalan dengan posisi negara-negara Barat. Perdana Menteri Inggris David Cameron, Presiden Amerika Serikat Barack Obama, dan Presiden Prancis Francois Hollande berulang kali mendesak agar Al-Assad dilengserkan dari tampuk kekuasaan sebagai persyaratan kesepakatan damai.

Sehubungan dengan struktur koordinasi yang disebutkan Putin, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov memastikan bahwa Rusia, Suriah, Irak, dan Iran telah membentuk unit intelijen di Baghdad untuk berbagi informasi dan rencana untuk memerangi ISIS.

Baca juga: Irak dan Suriah Akan Menjadi Negara Gagal

Sejak konflik berlangsung di Suriah pada 2011, lebih dari 200.000 orang meninggal dunia. Kemudian sekitar empat juta warga Suriah telah melarikan diri ke berbagai negara, termasuk Turki, Libanon, Yordania, hingga Eropa. Eropa kini menghadapi banjir pengungsi yang merepotkan mereka.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});