Iran Mengkritik Keras Arab Saudi

Iran Mengkritik Keras Arab Saudi

Wingamers.com - Iran mengkritik keras Arab Saudi. Pemimpin spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei mengecam pemerintah Arab Saudi menyusul insiden di Mina yang menewaskan 717 jemaah. Ia menyebut kesalahan manajemen menjadi biang keladinya. Khamenei menyampaikan suaranya karena sekitar 95 warga negaranya termasuk dalam korban tewas.

Iran mengumumkan tiga hari berkabung atas kejadian tersebut. Seperti dilansir dari Al Jazeera, kepala Penyelenggara Haji Iran, Said Ohadi, menyebutkan dua jalur menuju lokasi lempah jamrah ditutup tanpa alasan yang jelas, sehingga yang tersisa hanya tiga jalur. "Itu yang menyebabkan kericuhan," jelasnya.

Ohadi menambahkan Pemerintah Arab Saudi lalai dalam menjalankan tugasnya. "Kejadian di Mina akibat manajamen yang salah dan minimnya perhatian terhadap keselamatan jemaah. Tak perlu penjelasan lain, Arab Saudi harus bertanggung jawab" tambah Ohadi.

Sementara menurut Menteri Kesehatan Arab Suadi, Khaled al-Falih, kericuhan di Mina terjadi akibat jemaah haji yang tidak taat dengan jadwal melempar jamrah yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara. Iran sendiri sudah menyiapkan markas khusus yang melayani jemaah haji Iran.