(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Isi Kebijakan Ekonomi Tahap II Dukung Iklim Investasi

Rani
Rani

Isi Kebijakan Ekonomi Tahap II Dukung Iklim Investasi

Jakarta, WinGamers - Paket kebijakan ekonomi tahap II kali ini narasinya lebih pendek dan tetap konkret, berbeda dengan paket kebijakan sebelumnya. Pemerintah berupaya untuk memperbaiki iklim investasi di Tanah Air dengan cara meringkas waktu untuk memproses perizinan investasi di kawasan industri. Adapun dalam rangka menambah pasokan dollar AS di dalam negeri, pemerintah menawarkan insentif bagi para eksportir.

Respon positif terhadap langkah pemerintah tersebut ditunjukan oleh para pengusaha. Mereka tetap menunggu implementasi kebijakan tersebut. Tak hanya itu, pasar keuangan juga menyambut baik, indikasinya adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)nyang menguat menjelang dan setelah paket kebijakan ekonomi diumumkan.

Adapun isi kebijakan ekonomi tahap II itu adalah:

1. Pengurusan izin investasi di kawasan industri mmenjadi hanya tiga jam.

2. Pemangkasan tahap perizinan di kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dari 14 tahap menjadi 6 tahap.

3. Pengurusan "tax allowance" diselesaikan maksimal 25 hari

4. Pengurusan "tax holiday" diselesaikan maksimal 45 hari

5. Penerbitan PP 69 Tahun 2015 yang membebaskan impor alat angkutan kereta api, galangan kapal, pesawat, termasuk suku cadangnya dari PPN.

6. Insentif pengurangan pajak bunga deposito terutama untuk eksportir yang memiliki kewajiban laporan DHE kepada BI.

Sebelum kebijakan ini, pajak untuk deposito dollar AS jangka satu bulan mencapai 20 persen, tetapi setelah ada paket kebijakan ekonomi jilid II menjadi 10 persen.

Menurut simulasi tingkat bunga di Indonesia setelah dikurangi pajak bunga deposito yang baru masih akan lebih tinggi 1-2 persen dari Singapura.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});