ISIS Kekurangan Uang

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

ISIS Kekurangan Uang

 

Wingamers.com - ISIS kekurangan uang. Seperti dilansir dari Business Insider, ISIS yang menguasai sebagian Suriah dan Irak mengalami kesulitan membiayai negaranya sendiri. Dilaporkan Newsweek juga, ada jurang pemasukan antara warga sipil di bawah kendali ISIS dan para tentaranya.

Ketika ISIS muncul, uang mereka berasal dari penjualan minyak ilegal. Namun itu hanya bisa dinikmati sekali saja. Untuk menggaji semua tentaranya saja mereka menghabiskan $360 juta. ISIS lalu berusaha mempajaki rakyatnya namun makin banyak orang tidak mau tinggal di bawah ISIS. Mereka yang keluar kebanyakan berpendidikan tinggi dan sebenarnya dibutuhkan ISIS.

Harga kebutuhan sehari-hari di kota Mosul, Irak malah meroket. Sebelum ISIS berkuasa satu liter BBM seharga 30 sen, kini $2. Salah satu penyebab menurunnya pemasukan ISIS adalah gaji PNS Irak yang berada di wilayah yang dikuasai ISIS dihentikan pemerintah Irak, sehingga ini membuat ekonomi ISIS semakin berat. Namun ini bukan berarti ISIS akan runtuh, sebab mereka lebih suka punya negara gagal daripada tidak ada sama sekali.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});