ISIS Makin Eksis di Libya

ISIS Makin Eksis di Libya

Kamis, 28 Jan 2016 | 11:55 | Liani
WinNetNews.com - Kelompok radikal ISIS terus melebarkan sayapnya di Libya. Pemerintah Amerika Serikat tengah mempertimbangkan kemungkinan adanya opsi militer di negeri yang juga dilanda konflik berkepanjangan itu.

Juru bicara Pentagon Peter Cook mengatakan, perkembangan ISIS di Libya merupakan keprihatinan besar dan AS tengah mempertimbangkan bagaimana cara terbaik untuk merespons hal tersebut.

Baca Juga: Tukang Baso Ini Kesal Ditipu ISIS

"Kami tengah mempertimbangkan opsi-opsi militer, berbagai pilihan lainnya seiring... berkembangnya situasi di Libya," ujar Cook seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (28/1/2016).

"Kami ingin bersiap, karena Departemen Pertahanan senantiasa ingin bersiap, jika ISIL di Libya menjadi ancaman yang lebih besar daripada saat ini," imbuhnya. ISIL merupakan nama lain dari ISIS.

 

Pada tahun 2011, perlawanan rakyat Libya melawan diktator Muammar Khadafi dengan cepat berubah menjadi revolusi bersenjata yang didukung oleh NATO. Namun tergulingnya dan terbunuhnya Khadafi kemudian diikuti dengan perpecahan dan kekacauan politik tak berkesudahan.

Baca Juga: 5 Bayi Jadi Korban Gas Air Mata Polisi

Pada Juni 2015 lalu, para militan ISIS berhasil merebut dan menguasai kota Sirte, sekitar 450 kilometer sebelah timur ibukota Tripoli. Kelompok itu juga telah menguasai bandara kota tersebut dan sebuah pembangkit listrik di dekatnya.

Kelompok ISIS sejauh ini, dilaporkan telah memiliki setidaknya 3 ribu anggota di Libya.

Dilansir dari laman detik

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...