ISIS Menghancurkan Situs Kuno Palmyra

ISIS Menghancurkan Situs Kuno Palmyra

 

Wingamers.com - ISIS menghancurkan situs kuno Palmyra. Seperti yang ditakutkan banyak orang, ISIS yang menguasai beberapa bagian di Suriah menghancurkan salah satu gerbang kuno kota Romawi Palmyra. Kota berusia 2000 tahun ini dalam kekuasaan ISIS dan diancam akan dihancurkan.

Palmyra sendiri adalah situs yang dianggap bersejarah oleh UNESCO. ISIS menganggap bangunan kuno di Palmyra sebagai tempat yang tidak pantas. Seperti dilansir Reuters, ISIS juga menghancurkan kuil Bel yang juga dilindungi UNESCO. Bangunan kuno lain yang dihancurkan adalah singa Al-lāt.

Patung singa seberat 15 on ini unik dan telah dihancurkan. Foto satelit bulan lalu juga menunjukkan bahwa ISIS sudah menghancurkan banyak bangunan kuno. Dalam wawancara dengan stasiun TV Iran, Presiden Bashar al-Assad mengatakan bahwa kegagalan melawan ISIS akan merusak kedamaian timur tengah.

Assad mengatakan bahwa bantuan Rusia dan Iran akan membantu menangani masalah ISIS, namun menyangsikan serangan atas ISIS dari sisi Amerika Serikat dan negara barat. "Sampai kapan perang ini? Perang akan terus berkobar sampai salah satu kalah. Kalau gagal maka semuanya akan gagal," ungkap Assad.

Rusia kembali menyerang posisi ISIS di kota Talbiseh dekat Homs. Namun organisasi Syrian Observatory for Human Rights, mengatakan bahwa daerah yang dibom adalah posisi Free Syrian Army (FSA). Rusia juga membom daerah dekat kota Raqqa tempat ISIS. Mentri pertahanan Rusia mengatakan serangan berhasil menghancurkan instalasi militer ISIS.