Islandia Lanjutkan Kisah Dongengnya di Piala Dunia 2018

Islandia Lanjutkan Kisah Dongengnya di Piala Dunia 2018 foto: Istimewa

WinNetNews.com - Tim nasional Islandia melanjutkan kisah dongengnya di sepakbola. Tahun lalu mereka menjadi perempatfinalis Piala Eropa, tahun 2018 mendatang, Islandia memastikan akan debut di Piala Dunia.

Kepastian itu didapatkan setelah Islandia mengunci kelolosan ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Menghadapi Kosovo di Laugardalsvöllur, Selasa (10/10/2017) dinihari WIB pada laga terakhir kualifikasi Grup I, Islandia menang 2-0.

Dua gol tersebut dipersembahkan oleh Gylfi Sigurdsson pada menit ke-40 dan Johann Gudmundsson pada menit ke-68. Sepasang gol ini sudah cukup untuk mengamankan tiket lolos langsung ke putaran final Piala Dunia tahun depan.

Tim besutan Heimir Hallgrimsson itu menuntaskan kualifikasi sebagai juara Grup I dengan nilai 22 dari 10 pertandingan. Mereka unggul dua poin dari Kroasia yang finis sebagai runner-up.

Lolos ke Rusia tahun depan akan jadi tonggak baru dalam sejarah persepakbolaan Islandia. Itu akan jadi penampilan pertama mereka di Piala Dunia, melanjutkan kegemilangan mereka saat tahun kemarin melangkah ke perempatfinal Piala Eropa.

Sementara itu, di laga lainnya Kroasia mengunci tiket play-off usai mengandaskan Ukraina dengan skor 2-0 di Olympic Stadium. Menuju pertandingan ini, Kroasia dan Ukraina sama-sama mengoleksi nilai 17 dan punya peluang minimal ke play-off. Kroasia dalam posisi lebih baik karena unggul selisih gol.