Israel Tembak Jatuh Drone Suriah

Israel Tembak Jatuh Drone Suriahistimewa

WinNetNews.com - Israel menembak jatuh pesawat tanpa awak (drone) Suriah yang menembus wilayah udara negaranya. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu langsung berbicara dengan sekutu terbesar Suriah, Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. 

"Sebuah pesawat tanpa awak dari perbatasan Suriah menembus wilayah teritorial Israel beberapa jam yang lalu. Pesawat itu berhasil ditembak jatuh. Saya ingin menunjukkan bahwa kami akan mencegah setiap upaya melanggar perbatasan air atau darat kami," kata Netanyahu, ketika bertemu Putin, dilansir Reuters, Kamis (12/7/2018). 

Dia mengatakan penembakan ini adalah kali kedua negaranya menembak drone yang melintasi perbatasan dalam tiga minggu terakhir. Ketegangan mulai meningkat di perbatasan saat pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad menekan Israel.

Juru bicara militer Israel, Letnan Kolonel Jonathan Conricus, mengatakan sebelumnya drone juga telah melintasi Jordania. Tampaknya drone tersebut tak bersenjata dan dirancang untuk pengawasan, drone itu jatuh di dekat Laut Galilea di kaki bukit dataran tinggi Golan. 

"Kami masih menyelidiki mengapa itu terjadi, apakah itu misi militer dan apakah menyeberang dengan sengaja atau tersesat," katanya. 

Rusia adalah pendukung utama kekuatan Assad di perang sipil ke tujuh.

Sebelumnya, Netanyahu menyebut pertemuannya dengan Putin membahas Suriah, Iran, dan soal keamanan Israel.

"Saya menghormati komunikasi secara langsung dan tak langsung komunikasi saya dengan Presiden Rusia," imbuhnya. (detikcom)