Israel Unjuk Kekuatan dengan Pesawat F35
ilustrasi

Israel Unjuk Kekuatan dengan Pesawat F35

Rabu, 3 Mei 2017 | 09:15 | Rusmanto

WinNetNews.com - Israel memamerkan pesawat siluman terbaru F-35 yang belum lama ini dikirim dari Amerika Serikat dalam sebuah pertunjukan udara, Selasa 2 Mei 2017.

Tiga pesawat F-35 terbang di sepanjang pesisir Mediterania di lepas pantai Tel Aviv. Ribuan penonton berkumpul di pinggir pantai untuk menyaksikan ketiganya bermanuver.

F-35, dibuat oleh perusahaan Lockheed Martin, adalah sorotan dalam pertunjukan udara itu, yang digelar dalam perayaan 69 tahun kemerdekaan Israel.

Israel telah menerima lima F-35 sejak Desember. Tambahan kekuatan udara ini bertujuan menjaga kesiagaan militer di tengah turbulensi di Timur Tengah, terutama terhadap musuh utama Israel: Iran.

Lima pesawat F-35 ini merupakan gelombang pertama dari total pembelian 50 unit. Harga satu unit F-35 diperkirakan mencapai USD110 juta.

Saat sejumlah negara memesan pesawat yang sama, Israel akan menjadi pihak asing pertama di luar AS yang mengoperasikan skuadron F-35.

image0

pesawat siluman F-35

Jet tempur tipe satu tempat duduk itu dapat membawa sejumlah senjata dan mampu terbang dengan kecepatan supersonik hingga Mach 1.6, atau sekitar 1.900 kilometer per jam.

Helm pilot F-35, dengan harga USD400 ribu, dilengkapi sistem operasi sendiri, yang menampilkan beragam data di kaca penutupnya. Data-data itu dapat dikirim dari helm itu ke tempat lain.

Teknologi pendeteksi panas, melihat dalam gelap (night vision) serta 360-degree view terpasang di F-35.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...