Skip to main content

Istana Wapres Minta Rizal Ramli Bersikap Layaknya Menteri

Istana Wapres Minta Rizal Ramli Bersikap Layaknya Menteri
Istana Wapres Minta Rizal Ramli Bersikap Layaknya Menteri

Jakarta, CNN Indonesia -- Baru sepekan dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli sudah menghangatkan suasana politik. Beberapa komentarnya di media memancing teguran dari internal pemerintahan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Dewan Pertimbangan Presiden pernah menegur Rizal lantaran komentarnya. Namun alih-alih menurunkan nada kritiknya, Rizal malah berbalik komentar. Untuk itu Wakil Presiden Jusuf Kalla lantas merasa perlu untuk mengingatkan Rizal.

Kepada media Juru Bicara JK Husain Abdullah yang mewakil sang wakil presiden meminta Rizal berlaku dan bertingkah layaknya Menteri Jokowi. Itu artinya setiap menteri layaknya harus selalu mendukung seluruh program pemerintahan yang sekaligus merupakan refleksi atau cerminan visi dan misi dari Jokowi dan Jusuf Kalla.

"Dia bukan pengamat lagi tapi sekarang menjabat sebagai Menko. Harusnya ikut bantu pemerintah menggolkan apa yang tertuang dalam visi misi Jokowi-JK," kata Husain pada wartawan, Jakarta, Rabu (19/8).

Husain yang mewakili pihak Istana Wakil Presiden menyayangkan tindakan Rizal yang memilih berkomentar melalui publik atau media. Menurutnya, dalam pemerintahan telah dibentuk wadah komunikasi khusus antara Jokowi dan menteri-nya.

"Rizal bisa memanfaatkan kesempatan bertanya pada Sidang Kabinet atau Rapat Terbatas, ini negara ada tata tertibnya,"kata Husain.

Husain menegaskan peran Rizal selaku menteri yang juga berperan sebagai koordinator para menteri lainnya seharusnya paham soal program listrik 35 ribu MW merupakan program utama dari permerintahan Jokowi-JK. Menurutnya, saat kini sudah banyak investor yang datang ke tanah air untuk terlibat menggarap mega proyek itu.

Komentar yang bernada pesimistis dari Menteri Rizal, menurut Husain, kontra produktif dengan upaya pembenahan pasokan listrik di tanah air.

Seperti diketahui, kemarin, Rizal Ramli mengeluarkan pernyataan yang cukup mengejutkan menanggapi teguran Jusuf Kalla. Banyak pihak menilai nada dari pernyataan Rizal layaknya sebuah tantangan bagi JK. “Kalau mau paham, minta Pak Jusuf Kalla ketemu saya, kita diskusi di depan umum," ujar Rizal kepada media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, kemarin.

Sebelumnya, JK meminta agar Rizal Ramli lebih berhati-hati dalam berkomentar,

"Ya setiap kali dievaluasi, tapi begini tentu sebagai menteri harus pelajari dulu sebelum berkomentar. Memang tidak masuk akal, tapi menteri harus banyak akalnya. Kalau kurang akal pasti tidak paham itu memang. Itu kalau mau 50 ribu pun bisa dibuat," kata Kalla di Gedung MPR/DPR, Jakarta Selatan.

(cn)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top