Isu Kepala Daerah Dipilih DPRD Bergulir, PKS Khawatir Pilkada Jadi Ladang Oligarki
Presiden PKS Sohibul Iman (foto: Detik News)

Isu Kepala Daerah Dipilih DPRD Bergulir, PKS Khawatir Pilkada Jadi Ladang Oligarki

Rabu, 20 Nov 2019 | 11:16 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai bahwa pengembalian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ke DPRD bisa membuat kaum oligarik semakin sewenang-wenang.

Presiden PKS, Sohibul Iman, mengatakan bahwa demokrasi di Indonesia saat ini sudah dikuasai oleh orang-orang oligarki. “Kalau pemilihan kepala daerah dilakukan oleh DPRD, maka kemungkinan oligarki semakin berkuasa. Ruang eskploitasi semakin sempit dan akan memudahkan mereka untuk mengelola ruang oligarki ini,” kata Sohibul saat ditemui di Kantor DPP PKS, Jalan Simatupang, Jakarta Selatan, seperti dilansir dari SINDO News, Rabu (20/11).

Sohibul menilai jika pemilihan umum (Pemilu) merupakan cara terbaik. Menurutnya, Pemilu akan membatasi kaum oligarki bertindak seenaknya lewat DPRD.

“Bayangkan saja kalau sebuah daerah anggota DPRD hanya berjumlah 50 orang, berarti oligarki cukup mengendalikan 50 orang itu. Sementar akalau lewat Pemilu, mereka tidak akan semudah itu untuk melakukan kontrol politik. Kami masih menilai Pilkada langsung adalah jalan terbaik,” lanjtunya.

Selain itu, melalui Pilkada, orang-orang yang memiliki kapabilitas, kapasitas, dan integritas bisa maju. “Kalau dipilih rakyat, orang-orang dengan integritas bisa punya peluiang untuk masuk dalam lingkar kekuasaan. Kita berharap orang-orang yang memiliki integritas dan kapabilitas tersebut semakin banyak yang masuk ke ranah kekuasaan politik,” tandasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...