Jabatan Gubernur BI Akan Habis Mei 2018, Siapa Penggantinya?

Rusmanto
Rusmanto

Jabatan Gubernur BI Akan Habis Mei 2018, Siapa Penggantinya? ilustrasi

WinNetNews.com - Presiden dan wakil presiden telah menggenggam empat nama calon yang akan menduduki kursi gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2018-2023. Keempat nama praktisi ekonomi itu antara lain, Bambang Brodjonegoro, Chatib Basri, Perry Warjiyo, dan Agus Martowardojo yang masih memiliki peluang kembali menjabat di periode kedua.

"Sebenarnya sudah dibicarakan, tapi presiden belum memutuskan. Empat yang masuk, apakah nama-nama itu atau kembali ke Pak Agus, sekarang dinilai semua dan sudah dibicarakan dengan presiden dan wapres," ujar Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (9/2). 

Sofjan mengatakan, opsi nama calon tersebut hanya perlu menunggu keputusan presiden Joko Widodo untuk segera diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Menurutnya, Jokowi telah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing calon. 

"(Pemilihan gubernur BI) tentu harus disesuaikan juga dengan situasi dunia sekarang yang ada ketidakpastian, tiba-tiba (saham) New York jatuh, Amerika mau naikkan bunganya. Harus kita jaga, jangan sampai akibatnya untuk Indonesia," katanya. 

Masa jabatan Gubernur BI Agus Martowardojo diketahui akan segera habis pada Mei mendatang. 

Nantinya Jokowi akan mengirimkan nama calon gubernur BI ke DPR untuk dibahas dalam rapat pimpinan DPR dan rapat paripurna. 

Setelah itu Komisi XI selaku bagian keuangan dan perekonomian akan menguji kelayakan dan kepatutan calon yang diajukan. Hasil uji kelayakan dan kepatutan tersebut kemudian akan dibacakan dan diambil keputusan tingkat akhir dalam rapat paripurna. 

Jika diterima, maka Presiden tinggal melantik orang baru melalui Keputusan Presiden. (cnnindonesia)

Apa Reaksi Kamu?