Jadi Frexit (French Exit) Bakal Muncul Ikutan Brexit Nih?
Foto: AFP

Jadi Frexit (French Exit) Bakal Muncul Ikutan Brexit Nih?

Sabtu, 22 Apr 2017 | 19:11 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Begitulah keengganan Marine Le Pen kepada Uni Eropa, bahwa pemimpin sayap kanan Prancis tersebut menuntut penghapusan bendera spangled dari sebuah studio TV sebelum menyetujui sebuah wawancara baru-baru ini.

Saingan utamanya dalam perebutan kepresidenan Prancis, Emmanuel Macron yang sentris, dengan tajam mengibarkan bendera Uni Eropa dari podium saat sebuah demonstrasi kampanye keesokan harinya.

Menyukainya atau membencinya, Uni Eropa telah menjadi isu dalam pemilihan, mengurangi ketakutan jauh melampaui Prancis setelah ada seruan Brexit Inggris, menjadi "Frexit" dapat menghancurkan blok berusia 60 tahun itu.

"Jarang memiliki masalah Eropa, yang memiliki tempat unggulan di semua platform kandidat seperti dalam kampanye pemilihan ini," kata analis Pierre Vimont dari think tank Carnegie Europe, seperti dikutip dari AFP .

Dalam lima tahun sejak pemilihan presiden terakhir di Prancis, Eropa telah melihat krisis migran yang besar dan meningkatnya populisme, keduanya berkontribusi terhadap pemungutan suara Brexit.

Tak satu pun dari empat kandidat utama Prancis mampu bersikap netral di UE, apakah mereka menggambarkannya sebagai sumber semua kesengsaraan atau jaminan perdamaian dan stabilitas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...