Skip to main content

Jadi Relawan Pendidikan Lewat Gerakan Indonesia Mengajar

Foto: Indonesiamengajar.org
Foto: Indonesiamengajar.org

WinNetNews - Gerakan Indonesia Mengajar yang sudah berdiri selama 16 tahun, telah membawa banyak perubahan di sektor pendidikan Indonesia, terutama di daerah terpencil.

Dengan misi menciptakan dampak yang berkelanjutan dari pengajar muda di desa maupun kabupaten, Indonesia Mengajar atau IM percaya bahwa seluruh persoalan dalam pendidikan tidak bisa diserahkan hanya pada pemerintah. Sehingga IM menjadi salah satu wadah para pengajar sosial untuk mengajar di daerah pelosok. IM menggabungkan dua pembelajaran, yaitu mengembangkan kepemimpinan pemuda dan melibatkan semua elemen masyarakat dalam meningkatkan pendidikan, dan yang kedua adalah mengembangkan gagasan serta prinsip tersebut menjadi sebuah program.

Program yang dilakukan IM adalah mengirimkan pemuda pemudi lulusan terbaik perguruan tinggi, untuk menjadi pengajar muda. Mereka tidak hanya akan mengabdi menjadi guru, tapi juga sebagai agen perubahan sosial di daerah pelosok, selama satu tahun.

Interaksi yang tercipta, memberikan dampak positif pada masyarakat, guru dan siswa. Sehingga meningkatkan prestasi di bidang pendidikan. Interaksi pengajar muda dengan siswa, menginspirasi perubahan perilaku guru, kepala sekolah, orang tua, bahkan masyarakat dan pemerintah setempat untuk mendukung peningkatan pendidikan di wilayah sasaran.

Dan selama enam tahun ini, Gerakan Indonesia Mengajar dengan 622 pengajar muda, telah mendorong berbagai perubahan di 24 kabupaten yang tersebar di 22 provinsi, diantaranya seperti Lebak, Pulau Bawean (Gresik), Bengkalis, Tulang Bawang Barat, Musi Banyuasin, Muara Enim, Aceh Utara, Paser, Kapuas Hulu, Majene, Kepulauan Sangihe, Banggai, Bima, Rote, Halmahera.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Top