Jaga Kebugaran dengan Lakukan Gerakan Fisik Dua Jam Sekali

Sofia
Sofia

Jaga Kebugaran dengan Lakukan Gerakan Fisik Dua Jam Sekali Stretching ringan di sela pekerjaan kantor. (Foto: Red Magazine/Getty Images)

Winnetnews.com - Gaya hidup minim aktivitas fisik dapat menjadi sumber awal berbagai penyakit karena tubuh menjadi kurang bugar. Terutama untuk masyarakat yang hidup di perkotaan, gaya hidup ini menjadi ancaman seperti yang dikatakan ahli.

Dikutip dari detikHealth, dr Andi Kurniawan, SpKO, mengatakan contoh dari ancaman penyakit akibat gaya hidup minim gerak ini adalah stroke, jantung, kolesterol tinggi, dan penyakit metabolik seperti diabetes. Selain itu orang yang kurang olahraga juga bisa terganggu kesehatan mentalnya akibat stres.

Menurut dr Andi, untuk mencegah hal tersebut bila memang seseorang benar-benar tak sempat olahraga maka minimal lakukan aktivitas fisik setiap dua jam sekali. Aktivitas fisiknya bisa apa saja tapi yang paling disarankan adalah stretching ringan.

"Physical activity begitu berhenti 2 jam, kolesterol baik kita, high-density lipoprotein (HDL), bisa turun 20%. Maka dari itu setiap dua jam kita duduk diam harus bergerak," kata dr Andi.

Menurut catatan World Health Organization (WHO) pada tahun 2012, gaya hidup minim gerak fisik setidaknya berkontribusi terhadap 3,2 juta (6%) kematian di dunia setiap tahun. Untuk mencegahnya, ahli menyarankan untuk minimal olahraga 150 menit per minggu atau 30 menit per lima hari.

Apa Reaksi Kamu?