Jaga Setok Beras, Bulog Diminta Gandeng UKM Penggilingan Padi

Jaga Setok Beras, Bulog Diminta Gandeng UKM Penggilingan Padi

WinNetNews.com - Pemerintah berulang kali menghadapi persoalan kelangkaan pasokan bahan pangan, terutama beras, di musim-musim gadu. Mantan Direktur Utama Bulog Sutarto Alimoeso menilai, pemerintah daerah berperan penting dalam menjaga pasokan beras.

"Peran pemda sangat penting bagaimana mengatur penggilingan padi setempat untuk menjaga stok. Kalau lebih bisa diberikan kepada Bulog, tetapi Bulog juga harus kerja sama dengan petani," tutur Sutarto saat diskusi kebijakan stabilisasi pangan, Jakarta, Sabtu (16/4/2016).

Di sisi lain, lanjut Sutarto, Bulog juga disarankan menjalin kerja sama dengan pelaku penggilingan padi di daerah. Terutama penggilingan padi skala kecil.

"Yang besar sudah mengantar pulau saja, jangan yang besar ini merebut yang di sawah, sekarang ini kan yang besar merebut yang di sawah, yang menang siapa? Yang besar," ucapnya.

 

Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati menambahkan, pemerintah perlu memangkas rantai distribusi untuk menstabilkan harga pangan. Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan peran Bulog.

"Salah satu upaya mengurangi rantai distribusi itu mamaksimalkan fungsi Bulog. Bulog ini kan punya jaringan sampai ke daerah-daerah. Kalau itu diberdayakan, itu tidak hanya produksi tapi bisa distribusi sampai ke konsumen di daerah."

Sumber dari Merdeka, Jakarta

Foto: Arie Basuki