Jahe… Dapat Turunkan Berat Badan dengan Mudah dan Dan Sehat
ilustrasi jahe ( Photo Boldsky )

Jahe… Dapat Turunkan Berat Badan dengan Mudah dan Dan Sehat

Sabtu, 28 Des 2019 | 17:30 | Muchdi

Winnetnews.com -  Bagi orang Indonesia, jahe bukan rempah asing. Umbi rimpang ini dikenal populer untuk berbagai bumbu masakan dan juga obat herbal.

Hanya saja selain itu, jahe ternyata juga dikenal bisa membantu program diet Anda. Diet jahe yang rutin akan membantu diet dan menurunkan berat badan.

Jahe mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan antara lain gingerol, beta-carotene, capsaicin, caffeic acid, curcumin, dan salicylate. Selain mengurangi peradangan dan pembengkakan, jahe juga bisa menekan nafsu makan.

Literatur medis menunjukkan bahwa jahe bisa melengkapi olahraga untuk membantu mendapatkan berat badan yang proporsional.

Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Senyawa ini merangsang beberapa aktivitas biologis tubuh saat dikonsumsi.

Gingerol memiliki efek anti-obesitas, membantu mencerna makanan lebih cepat. Selain itu senyawa ini juga bakal menstabilkan gula darah yang berfungsi untuk menurunkan berat badan atau diet.

Jahe yang memiliki senyawa antioksidan akan membantu mengendalikan radikal bebas dalam tubuh dan sifat anti-inflamasinya akan melawan peradangan.

Hanya saja, jangan berharap setelah diet jahe, Anda bakal langsung langsing. Jahe tak bekerja langsung untuk mengatasi kelebihan berat badan. Tapi rimpang ini akan membantu mencegah mengatasi kerusakan kardiovaskular, efek samping dari kelebihan berat badan saat Anda berusaha menurunkan berat badan.

Selain itu, mengutip berbagai sumber, dalam sebuah penelitian kecil, peneliti menemukan bahwa pria obesitas yang mengonsumsi jahe akan merasa kenyang lebih lama.

Untuk mendapatkan berbagai khasiatnya, Anda tak perlu harus makan jahe begitu saja alias dikunyah bulat-bulat. Anda bisa mencampur jahe ke dalam berbagai masakan dan juga minuman herbal untuk mendapatkan khasiat dietnya.

Jahe akan berpadu sempurna dengan berbagai bahan makanan termasuk seafood, labu, ayam, aneka daging, tofu, mi, dan lainnya. Tambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam masakan untuk menambah aroma segar dan juga rasa yang enak. Sebagai bonus, bisa menurunkan berat badan.

Selain itu, saat diet jahe, Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai minuman. Campur lemon dan jahe dengan air hangat atau teh. Jus lemon akan membantu menekan nafsu makan dan mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi.

Minumlah campuran lemon dan jahe ini dua atau tiga kali sehari untuk memaksimalkan manfaat diet jahe, fungsi hidrasi, dan menekan nafsu makan.

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia.com dengan judul "Diet Jahe, Cara Mudah dan Sehat Turun Berat Badan"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...