Jahe, Ini 5 Manfaat Utama Bagi Kesehatan

Muchdi
Muchdi

Jahe, Ini 5 Manfaat Utama Bagi Kesehatan Ilustrasi jahe (iStockphoto)

WinNetNews.com - Jahe biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, seringkali jahe menjadi bahan pelengkap dalam berbagai olahan jenis makanan dan minuman.

Ternyata, terdapat manfaat utama jahe lainnya yang baik untuk kesehatan seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman Womens Health Australia, Sabtu (28/7/2018).

1. Kurangi nyeri saat menstruasi

Ternyata jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit saat periode atau menstruasi pada wanita. Selain itu, sidat tersebut bertindak sebagai alternatif alami untuk mengambil ibuprofen.

2. Meningkatkan fungsi otak

Penelitian mengungkapkan bahwa jahe dapat membantu melindungi penurunan aspek kognitif seseorang yang dihasilkan dari peradangan. Hal lainnya telah terbukti dalam meningkatkan fungsi otak pada wanita paruh baya.

3. Redakan rasa mual

Biasa digunakan dalam obat-obatan herbal, ternyata jahe terbukti membantu meredakan rasa mual dan sakit perut. Mengonsumsi jahe lebih efektif, aman, dan alami.

Selain itu, jahe dapat membantu wanita hamil yang mengalami morning sickness dan pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

4. Mengurangi rasa sakit dan nyeri otot

Sifat analgesik dan anti-inflamasi pada jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri otot. Jahe lebih efektif untuk mengurangi perkembangan nyeri sehari-hari daripada sebagai obat instan.

5. Membantu mengobati gangguan pencernaan kronis

Gingerol dan shogaols dalam jahe baik untuk saluran pencernaan. Selain itu, jahe dapat digunakan untuk membantu mengobati radang lambung lainnya.

Apa Reaksi Kamu?