Jakarta Diyakini Bisa Jadi Global City

Jakarta Diyakini Bisa Jadi Global City

WinNetNews.com - Sebagai kota megapolitan, Jakarta diyakini akan terus berkembang menjadi global city, asalkan ditopang oleh infrastruktur dan kawasan yang layak.

CEO Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda mengatakan reklamasi Teluk Jakarta misalnya, akan berdampak luar biasa terhadap pengembangan kota dan industri properti.

Menurutnya, Jakarta akan mempunyai superblok luas dan waterfront city, seperti kota-kota yang sudah maju di dunia.

"Terlepas dari polemik hukum dan masalah politik, dalam jangka panjang, proyek reklamasi akan sangat luar biasa dampaknya bagi perkembangan kawasan," kata Ali, seperti dikutip dalam keterangannya, Kamis 5 Mei 2016.

Dia mencontohkan, Singapura, Hong Kong, Belanda, dan Dubai, sukses melakukan reklamasi dan mengembangkan kawasan baru berkelas dunia. Saat ini, Malaysia juga melakukan hal yang sama.

 

"Jika saja Batam birokrasinya tidak berbelit, sudah bisa mengalahkan perkembangan Sentosa Island di Singapura," jelasnya.

Dia mengatakan, sebenarnya kegiatan reklamasi bukan hanya terjadi di pantai Utara Jakarta saja, tetapi juga di daerah lainnya, misalnya di Makassar dan Nusa Dua, Bali.

"Kalau Jakarta mau begini saja, ya enggak usah ada reklamasi, karena lahan Jakarta memang sudah tidak ada lagi dan reklamasi ini bisa jadi salah satu jalan untuk membuat kota lebih maju,” ujarnya.

Ali menyebutkan beberapa contoh reklamasi di kawasan Asia, yang sekarang sangat maju dan terkenal, seperti Sentosa Island di Singapura dan Hong Kong.

Sumber&Foto dari VIVA, Jakarta