Skip to main content

Jakarta Street Cub, Komunitas Tanpas Struktur

Foto: Search
Foto: Search

WinNetNews-Street Cub adalah sebuah modifikasi motor yang biasanya dilakukan oleh builder pada motor bebek dengan konsep retro, biasanya motor yang digunakan adalah motor bebek mulai dari Astrea Supra, Astrea Grand, Prima, Star hingga C70. Ciri yang dimiliki dari Street Cub ini sendiri adalah stang, lalu lampu dan pada bagian belakang motor tidak menggunakan spakbor. Sehingga terlihat sangat sederhana.

Di Indonesia sendiri street cub sudah mulai booming pada awal tahun 2012. Di Indonesia sendiri Street Cub Cepat berkembang karna biaya untuk memodifikasinya tidak begitu mahal. Karna pada dasarnya untuk memodifikasi Street Cub para builder lebih banyak mengurangi komponen yang ada pada motor.

Meskipun ada penambahan biasanya menggunakan lampu yang lebih kecil, stang yang diganti ke ukuran lebih kecil, menggunakan jok yang hanya muat satu orang dan melepas spakbor pada ekor motor.

Selain itu Street Cub menggunakan ban yang lebih besar dari motor bebek pada umumnya. Unsur Clasic yang menjadi tujuan utama di buatnya motor berkonsep Street Cub. Bukan hanya terlihat Clasic tapi ada beberapa builder memodifikasi mesin motor, jadi kecepatan pada motor bertambah.

Salah satu komunitas pencinta motor berkonsep Street Cub di Jakarta adalah Jakarta Street Cub. Awalnya komunitas ini hanya terbentuk di dunia maya yaitu facebook. Club yang berdiri pada awal tahun 2013 ini bisa dibilang sangat unik.

Karna di komunitas ini tidak mengenal ketua dan wakil, maksut dari tidak mengenal ketua dan wakil adalah Jakarta Street Cub tidak memiliki struktur organisasi. Mereka beranggapan bahwa semua sama, maka dari itu tidak ada ketua maupun wakil.

Masuk dalam komunitas Jakarta Street Cub ini juga tidak memumut biaya, seperti uang kas, iuran sosial, bahkan ikut bergabung dalam Jakarta Street Cub juga tidak harus memiliki motor berkonsep Street Cub. Kebanyakan Motor Street Cub yang mereka pakai untuk kopdar bukan lah motor yang sehari-hari digunakan. Jakarta Street Cub saat ini sudah memiliki lebih dari 40 anggota.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top