Jakpro Pastikan LRT Kelapa Gading-Velodrome Siap Digunakan Saat Asian Games
ilustrasi

Jakpro Pastikan LRT Kelapa Gading-Velodrome Siap Digunakan Saat Asian Games

Jumat, 20 Apr 2018 | 10:42 | Rusmanto

WinNetNews.com - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memastikan pembangunan light rail transit (LRT) Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 km bakal siap digunakan saat gelaran Asian Games 2018 di bulan Agustus mendatang. Direktur Utama PT Jakpro Satya Heragandhi mengatakan uji coba penumpang kereta ringan tersebut sudah bisa dimulai bulan Juli nanti dan di Agustus kereta dipastikan sudah bisa beroperasi.

"Uji cobanya sudah bisa Juli. Tapi mungkin sampai benar-benar bisa dipakai, finishingnya beres itu saat Agustus 2018," katanya dalam wawancara khusus di Velodrome, Jakarta Timur, Selasa (17/4/2018).

Meskipun penampakan lintasan dan stasiun yang saat ini masih berada di angka 70%, dan waktu menuju penyelenggaraan Asian Games 2018 kurang dari empat bulan lagi, namun Satya memastikan kereta ringan pertama yang beroperasi di Jakarta itu bakal bisa digunakan saat penyelenggaraan Asian Games nanti. 

"Yang paling utama keretanya bisa jalan. Untuk kereta bisa jalan, safety-nya (keamanan) harus terjaga. Warna belum dicat, stasiun masih kurang desain dan segala macam gampanglah, yang penting kereta bisa jalan dan safety. Jadi untuk critical qualitynya adalah kereta jalan dan safety terpenuhi, bisa mengangkut orang yang diperlukan. Lalu kita tambahin lagi, catnya kita selesaikan, ruangannya ditambah pendingin. Insya Allah masih bisa," jelas Satya.

Selain kereta bisa beroperasi dengan faktor keamanan yang terjaga, berbagai fasilitas di stasiun dan ticketing juga dipastikan selesai dalam 3-4 bulan mendatang.

"Jadi titik kritisnya adalah kereta jalan dengan faktor keselamatan yang 100%. Nice to have nya adalah semua fungsional dari bangunan sudah mengikutsertakan elemen-elemen grafis, warna, dan segala macamnya sudah rapi. Jadi nanti stasiun ini, dalam 3-4 bulan itu warna-warninya bagus loh," katanya.

Namun, meski bisa menjamin pengoperasian kereta rampung saat Asian Games 2018 nanti, Jakpro menyerahkan sepenuhnya kepada Pemprov DKI Jakarta selaku pemegang saham untuk memutuskan apakah kereta tersebut akhirnya dipakai atau tidak. Jakpro sendiri sudah berkoordinasi dengan pihak TransJakarta untuk integrasi pengoperasian kereta LRT Jakarta dengan penyediaan busway tipe reguler dan juga premium seperti Royal Trans.

"Operasi LRT Jakarta saya serahkan ke pemegang saham (Pemprov DKI Jakarta). Kalau LRT ini koordinasi penggunaannya dan sebagainya itu bukan kami yang menentukan. Jadi nanti pemegang saham yang akan tentukan," pungkasnya. (detikcom)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...