Jalan Layang Semanggi Akan Ditambah Lagi

Jalan Layang Semanggi Akan Ditambah Lagi

Rabu, 27 Jan 2016 | 16:29 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pembangunan dua jalan layang disamping jalan layang Semanggi, Jakarta Pusat akan segera dilakukan groundbreaking sekitar bulan April atau Mei 2016 mendatang.

Dia mengatakan, pembangunan jalan layang tersebut akan dilakukan oleh salah satu pengembang swasta asal Jepang, yakni Mori Company. Perusahaan tersebut akan membangun gedung di Jakarta dan ingin menaikkan Koefisien Luas Bangun (KLB) bangunannya itu.

"Saya bilang, oke tidak usah ganti kami duit. Itu naikkan KLB saya kasih izin," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta, Selasa (26/1).

Basuki mengatakan, pembangunan gedung tersebut membutuhkan biaya Rp 700 hingga Rp 800 miliar, sedangkan untuk membangun jalan layang itu hanya Rp 500 miliar, lengkap dengan fasilitas penerangan jalan umumnya. Diperkirakan, pembangunan itu akan rampung pada pertengahan 2017 mendatang.

Pembangunannya pun dipastikan Basuki tidak akan berhimpitan dengan pembangunan MRT yang tengah dilakukan karena proyek MRT dilakukan di bawah tanah, sedangkan jalan layang ini ada di atas.

 

"Itu nanti kami mau buat jalan, dari Jalan MT Haryono ke Bundaran HI tidak usah berputar lagi, tapi langsung naik. Yang dari Grogol langsung naik ke arah Kebayoran Baru," terangnya.

Apabila sudah jadi, jalan tersebut malam harinya akan dipasangi banyak lampu yang terang. Dengan demikian jalan tersebut akan menjadi ikon Jakarta yang baru.

Pada dasarnya, konsep pembangunan jalan layang tersebut untuk menyederhanakan kawasan Semanggi dengan membuat akses khusus yang bisa belok ke arah kanan. Utamanya, dari arah Ratu Plaza menuju ke Cawang dan sebaliknya dari arah Grogol menuju ke Kebayoran Baru.

(seperti dilansir dari Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...