Jalanan Khusus Pejalan Kaki ini Bisa Menyala Dalam Gelap, Cantiknya!
Jalanan yang bisa menyala dalam kegelapan, Bukit Timah Singapura / foto: Mashable

Jalanan Khusus Pejalan Kaki ini Bisa Menyala Dalam Gelap, Cantiknya!

Kamis, 27 Jul 2017 | 15:06 | kontributor

winnetnews.com - Seringkali kita menemui jalanan khusus pejalan kaki atau trotoar yang minim sekali penerangan. Pemerintah Singapura sepertinya menemukan solusinya, yaitu membuat trotoar yang bisa menyala dalam gelap.

Dilansir dari laman dari Mashable, uji coba jalanan yang menyala itu dilakukan di proyek jalan baru di sekitar Bukit Timah. Jalanan ini dulunya adalah sebuah rel kereta api yang saat ini sudah tidak terpakai lagi. Selain untuk menambah penerangan ketika berjalan dalam kondisi gelap, jalanan ini juga menambah keindahan jalanan pada malam hari.

Uji coba dilakukan pada jalan sepanjang 100 meter yang telah dilapisi dengan material kimia yang mampu membuatnya menyala kehijauan saat gelap. Jika uji coba ini dirasa berhasil, nantinya jalan yang bisa menyala ini akan diperpanjang.

Tidak menyimpulkan sendiri, selama masa uji coba, pemerintah setempat juga akan meminta pendapat dari para pengguna jalan tentang jalanan yang bisa menyala ini. Disamping itu, uji coba ini juga bertujuan untuk menguji ketahanan material yang digunakan pada jalanan model baru ini.

"Cukup baik, tapi kuharap bisa lebih terang lagi," kata Xavier Tan, pejalan kaki yang sudah mencobanya.

jalan ini bisa menyala dalam gelap / foto: Mashable

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...