Jalur Nagreg Menuju ke Kabupaten Garut Macet Parah

Jalur Nagreg Menuju ke Kabupaten Garut Macet Parahilustrasi

WinNetNews.com - Jalur Nagreg yang mengarah ke Kabupaten Garut macet parah pada malam hari ini. Kendaraan nyaris tak bisa bergerak.

Penulis menaiki bus dari Cileunyi, Kabupaten Bandung, sekitar pukul 21.35 WIB, Rabu (13/6/2018). Kondisi lalu lintas di kedua arah, yaitu yang mengarah ke Garut dan ke arah Bandung, terpantau ramai lancar.

Kemacetan mulai terasa saat kendaraan melintas di sekitar Rancaekek-Cicalengka. Mobil dan bus hanya bisa melaju dengan kecepatan yang rendah.

Begitu pula ketika kendaraan memasuki kawasan Nagreg. Kendaraan nyaris tak bisa bergerak. Sedangkan motor-motor terpantau meliuk-liuk di antara celah bus dan mobil. Sejumlah polisi juga terlihat mengatur lalu lintas sekitar.

Di hari-hari biasa, waktu tempuh Cileunyi-Garut biasanya menghabiskan waktu sekitar 1 jam setengah. Namun per pukul 00.00 WIB, Kamis (14/6), kendaraan yang kami tumpangi masih terjebak di jalur Nagreg.

Sebelumnya diberitakan, jalur Nagreg menjelang Lebaran mengalami kemacetan. Polisi sampai harus memberlakukan one way di titik tertentu. Kemacetan ini terjadi lantaran lonjakan jumlah pemudik yang hendak ke Jawa dengan melintasi Nagreg.

"Kondisi saat ini memang terjadi kenaikan volume kendaraan yang sangat signifikan. Hal ini terjadi tadi malam, dini hari jam 02.00 WIB sampai jam 04.00 WIB signifikan sekali peningkatannya. Normalnya 3.000 kendaraan per 2 jam, namun tadi pagi dini hari jam 04.00-06.00 WIB sekitar 16 ribu kendaraan yang keluar dari Nagreg ini," kata Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan di Posko Polres Bandung, Rabu (13/6/2018). 

"Dari jam 06.00 WIB hingga 08.00 WIB, 26 ribu kendaraan, kemudian setelah itu per dua jam mengalami penurunan jadi 12 ribu, 10 ribu, sampai malam ini tinggal... jam 18.00 WIB tinggal sekitar 5.000-an," urai Indra. (detikcom)