(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jalur Pantura, Panesela, & Tol Siap Digunakan, Macet Horor Tak Akan Terulang

Rani
Rani

Jalur Pantura, Panesela, & Tol Siap Digunakan, Macet Horor Tak Akan Terulang Macet Horor Brexit Tahun 2016 / foto: istimewa

winnetnews.com - Musim mudik Lebaran telah tiba. Mayoritas masyarakat Indonesia akan banyak dijumpai pada beberapa jalur mudik, baik darat, udara maupun laut. Salah satu jalur yang banyak dilalui, khususnya di pulau Jawa adalah jalur darat.

Namun untuk pemudik yang menggunakan jalur darat, bisa menggunakan tiga jalur berbeda, sehingga tak hanya memanfaatkan jalan tol operasional dan fungsional semata untuk menghindari terjadinya antrean yang terlampau padat di dalam tol.

Pemerintah telah menyiapkan tiga jalur mudik Lebaran di Pulau Jawa untuk mengantisipasi menumpuknya arus mudik di ruas-ruas jalan tersebut, yakni jalan lintas Selatan, jalur tol Cipali dan jalan lintas Utara.

Meski menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia saat ini, kapasitas jalan tol Cipali tetap saja memiliki batas, sehingga tidak bisa dipaksakan seluruh kendaraan melewati jalur tersebut.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, Rabu (21/6/2017), jalur alternatif dengan panjang total seluruh Jawa mencapai 2.230 kilometer. Baik melalui jalur pantura maupun selatan seluruhnya sudah dalam kondisi baik dengan fasilitas jalan yang memadai. Pemerintah sudah menghabiskan anggaran setidaknya Rp 2,8 triliun untuk menyiapkan jalur ini.

Seperti lintas utama Pantura yang terhubung dari batas Provinsi Jawa Barat di Losari-Pejagan-Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Batang-Weleri-Kendal- Semarang.

Selain itu ada pula jalur Pansela, jalur untuk yang mudik ke wilayah Banyumas dan Cilacap. Sepanjang 1.270 km jalan telah dilakukan perbaikan oleh pemerintah. Beberapa ruas jalur Pansela di Jawa Barat dilakukan perbaikan minor, seperti penambahan rambu, lampu, dan bahu jalan. Ada juga empat posko yang disiapkan untuk mengantisipasi beberapa jalur yang rawan longsor.

Jalan ini menghubungkan Patimuan-Sidareja-Jeruklegi-Gumilir-Slarang-Adipala hingga Batas DI Yogyakarta sepanjang 182 kilometer.

Khusus untuk mengantisipasi macet di Brebes Exit (Brexit), pemerintah membangun empat buah flyover di Pantura, Jawa Tengah. Empat flyover tersebut kini sudah bisa dilalui sehingga kemacetan yang timbul akibat adanya penumpukan kendaraan pada persimpangan sebidang Kereta Api dijamin tak lagi ada.

Jalan-jalan nasional dan tol yang dikombinasikan untuk mudik Lebaran tahun ini diyakini tak bakal mengulangi peristiwa macet horor yang terjadi pada tahun lalu.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});