Skip to main content

Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup, Karna Kebakaran

Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup, Karna Kebakaran
Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup, Karna Kebakaran

Jalur pendakian Gunung Lawu ditutup Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu dan sekitarnya (KPH Lawu Ds), Unit II Jawa Timur. Langkah ini diambil kerena kebakaran hutan di wilayah tersebut.

Asper BKPH Lawu Selatan, KPH Lawu Ds, Marwoto mengatakan, kebakaran terjadi di sisi utara gunung. Titik itu merupakan perbatasan wilayah Magetan dengan Kabupaten Ngawi.

Belum diketahui luasan lahan yang terbakar. Namun, dia memastikan yang tebakar adalah semak belukar yang berjarak sekitar 4 kilometer dari jalur pendakian.

Beberapa petugas sudah berada di lokasi kebakaran untuk berupaya memadamkan api. Namun, karena api terus membesar, pihaknya juga akan mengirim 60 personel petugas Perhutani dan relawan dari masyarakat.

Kebakaran hutan di lereng Lawu tersebut sudah terjadi sejak Minggu 23 Agustus kemarin. Api terlihat masih menyala.

Hutan di lereng Gunung Lawu sangat rawan terbakar saat musim kemarau berlangsung. Pada musim kemarau tahun lalu, juga terjadi kembakaran hutan di wilayah setempat meski tidak parah.

Data Perhutani KPH Lawu Ds mencatat, kebakaran hutan skala besar pernah terjadi di kawasan hutan Gunung Lawu, di antaranya 2002, 2006, 2009 dan 2012. Kebakaran hutan 2002 tercatat mencapai 6.284,24 hektar.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top