James Hetfield, Vokalis Metallica Raih Gelar S3 Astrofisika

James Hetfield, Vokalis Metallica Raih Gelar S3 Astrofisika

Rabu, 27 Jan 2016 | 14:07 | Muchdi

WinNetNews.com - Baru-baru ini, tersiar sebuah kabar yang sangat menarik dari dunia musik. Disampaikan bahwa vokalis sekaligus gitaris band Metallica, James Hetfield meraih gelar PhD usai menuntaskan kuliah S3 di bidang Astrofisika.

Baca Juga: Musisi Amerika Serikat hingga Nigeria Siap Ramaikan Java Jazz 2016

Kabar ini ditulis oleh situs Ncscooper.com yang mengklaim kalau pengumuman tersebut disampaikan pertama kali melalui akun Facebook pribadi James Hetfield. Menurut mereka, Hetfield selama ini mengenyam pendidikan tingginya di California Institute of Technology in Pasadena (CalTech), CA.

Bahkan, situs tersebut juga memanggil sang musisi sebagai Dr. Hetfield, serta menyebutkan bahwa ia telah diam-diam mendatangi universitas terhormat itu sembari mengambil kursus melalui korespondensi selama 12 tahun terakhir.

Pihak situs juga menuliskan wawancara bersama Hetfield via telepon. "Saya senang bermain musik karena itu hal yang baik dan saya mendapat kepuasan dari situ. Namun, saya tidak bisa menafkahi keluarga saya hanya dengan kepuasan," klaim mereka.

 

"Jadi, bila Brian May (gitaris Queen) bisa melakukannya, saya juga bisa. Itulah mengapa saya mengambilnya, Ternyata, saya cukup baik dalam hal ini," sebutnya.

image0

Informasi selanjutnya lebih mencengangkan. Hetfield disebut mengembangkan disertasi karya Dr Misty Benz yang dikerjakan pada 2007 tentang lubang hitam berjudul Black Hole Scaling Relationships: New Results from Reverberation Mapping and Hubble Space Telescope Imaging.

Disertasi Hetfield itu berfokus pada pengembangan refactoring cahaya dan efek-efek gravitasi pada teleskop Hubble. Karya tersebut diklaim membantu terobosan penting dalam kaitannya dengan lubang hitam dan sumber gelombang jarak jauh.

 

Bahkan, pernyataan dari ahli astrofisika CalTech bernama Tral Aldrich, yang diklaim rekan studi Hetfield turut disampaikan. Dikatakan bahwa ia gembira dengan hasil penemuan Hetfield.

image1

"Dan saya harus mengatakan, bekerja dengannya adalah hal menggembirakan di sepanjang hidup saya. Ternyata ia orang yang membumi dan luar biasa keren," kutip NC Scooper.

Namun setelah ditelusuri lebih jauh, Liputan6.com menemukan bahwa NC Scooper merupakan situs parodi yang menuliskan hal-hal menggelikan. Bahkan, komentar di bawah artikel tentang Hetfield, salah satunya menulis, "Saya kecewa begitu mengetahui hal ini tak benar."

 

Lalu, ketika salah satu pengguna Twitter bernama Sabine Hossenfelder yang menggunakan akun @skdh memosting kabar ini, pengguna lain mengomentarinya dengan nada tidak antusias. "Sepertinya ini adalah situs parodi," ketik @KristinGregory. Lainnya menyebut kalau gelar PhD untuk James Hetfield merupakan satu hal yang 'terlalu bagus untuk menjadi kenyataan'.

image2

Dugaan tidak benarnya kabar ini juga bisa dicermati dengan tak adanya satupun media hiburan dan musik internasional yang menuliskan beritanya. Bahkan, akun Facebook resmi Metallica serta dua rekan Hetfield, yaitu Kirk Hammett dan Robert Trujillo tak menyampaikan kabar gembira tersebut.

 

Sehingga, berita mengenai gelar PhD jurusan Astrofisika yang diraih oleh vokalis Metallica James Hetfield merupakan satu kabar hoax alias tidak benar. Uniknya, situs NC Scooper juga sempat menulis berita film yang berjudul, 'Avatar 2 Ditunda karena Penulis Tak Setuju Tentang Film Disney Mana yang akan Ditiru'. Di situ terpampang gambar berupa sebagian wajah Neytiri dan Pocahontas yang dijadikan satu. Cukup menggelikan.

sumber dari Liputan6, Jakarta

 

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...