Jangan Anggap Enteng Minuman Berenergi

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Jangan Anggap Enteng Minuman Berenergi

Wingamers.com - Banyak yang beranggapan minuman beralkohol membahayakan. Itu benar. Tapi banyak yang menganggap enteng minuman berenergi. Menurut sebuah studi dari Kanada, remaja yang mengonsumsi minuman energi cenderung mengalami cedera otak dibanding mereka yang tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein tersebut.

Para peneliti menganalisis informasi dari survei yang melibatkan lebih dari 10.000 pelajar SMP dan SMA berusia 11 hinga 20 tahun di Ontario, Kanada. Para pelajar ini ditanya mengenai jumlah minuman berenergi yang mereka konsumsi dan apakah mereka memiliki cedera otak traumatis yang menyebabkan mereka tidak sadar atau dirawat di rumah sakit sebelumnya.

Studi yang dirilis di jurnal PLOS ONE mengungkapkan bahwa sekitar 22% responden mengatakan mereka pernah mengalami cedera otak traumatis dalam hidupnya, sedangkan 6% pelajar mengatakan mereka baru saja mengalami cedera otak tahun lalu. Kebanyakan cedera tersebut terjadi ketika para remaja ini sedang berolahraga. Penemuan ini patut diperhatikan karena minuman berenergi bisa saja menghalangi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan cedera otak.

Mereka menemukan bahwa remaja yang mengonsumsi minuman berenergi beberapa minggu belakangan ini, peningkatan cedera otaknya lima kali lebih besar dibanding mereka yang tidak mengonsumsi minuman energi sama sekali. Dalam kata lain, remaja yang mengonsumi minuman energi lebih mungkin terkena cedera otak dibandingkan yang tidak.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});