Jangan Asal Pakai, ini 5 Efek Negatif Bawang Putih
Foto: hellosehat.com

Jangan Asal Pakai, ini 5 Efek Negatif Bawang Putih

Jumat, 3 Jan 2020 | 17:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Bawang putih adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan oleh masyarakat. Tidak hanya dijadikan sebagai tamabahan bahan penyedap rasa makanan, bawang putih juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit.

Senyawa alium yang ada di dalam bawang putih dapat menjadi antioksidan dan memberikan manfaat pada kesehatan. Saat ini, bawang putih sering digunakan untuk beberapa kondisi terkait sistem darah dan jatung.

Namun dibalik segudang manfaatnya, bawang putih juga dapat berdampak negatif bagi tubuh. Hal tersebut akan terjadi jika kita salah mengonsumsi bawang putih yang tidak sesuai dengan takaran. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa efek buruk konsumsi bawang putih.

1. Terjadi masalah dengan lambung

Berdasarkan hasil penelitian dari Harvard Medical School, bawang putih merupakan salah satu makanan yang menyebabkan GERD (penyakit gastroesophageal reflux). Sehingga bawang putih menjadi salah satu makanan yang harus dihindari untuk mengobati GERD.

2. Timbul rasa mual, muntah, dan mulas

Bawang putih diketahui dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada saluran pencernaan, sehingga menyebabkan kembung, diare, dan nyeri di perut. Berdasarkan hasil laporan yang diterbitkan oleh National Cancer Institute, mengonsumsi umbi bawang putih segar, ekstrak, atau minyaknya saat perut kosong, dapat menyebabkan mual, muntah, hingga mulas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...