Jangan Asal Sisir, Ini Cara yang Benar Atasi Rambut Kusut
Foto: Pexels/Cottonbro

Jangan Asal Sisir, Ini Cara yang Benar Atasi Rambut Kusut

Senin, 1 Mar 2021 | 14:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Rambut yang berkilau dan halus adalah keinginan banyak kaum wanita. Apalagi jika mempunyai rambut yang panjang. Kondisi tersebut, membuat seseorang menjadi lebih mudah saat menyisir dan menatanya.

Meskipun sudah melakukan perawatan, terkadang terdapat beberapa helai rambut yang menyatu dan membuatnya kusut, sehingga sulit untuk disisir. Meskipun kadang sulit untuk menghilangkannya, sebenarnya terdapat beberapa cara mudah untuk mengatasi rambut yang kusut dan tentunya tidak membuat rambut rusak.

Dilansir dari Bright Side, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk atasi rambut yang kusut.

Bagi rambut menjadi dua bagian

Mengurai rambut yang kusut memang cukup sulit untuk dilakukan dan terasa menyakitkan. Oleh karena itu, cobalah selesaikan dalam beberapa bagian.

Sama seperti saat memotong rambut, bagi rambut menjadi beberapa bagian kecil sebelum menyisirnya. Jika rambut kamu sangat kusut, coba gunakan jari-jari atau sisir bergigi jarang agar tidak terlalu sakit.

Sisir rambut dari bawah  ke atas

Cara yang paling umum dilakukan ketika menyisir rambut adalah dari atas (akar) ke bawah (pangkal). Tapi jika rambut kamu kusut, cobalah untuk menyisir dari arah sebaliknya. Mulailah dari ujung rambut yang paling sering kusut, lalu lanjutkan ke bagian tengah rambut.

Pegang rambut dengan satu tangan, sedangkan tangan yang lainnya menyisir rambut. Cara ini mencegah rasa sakit dan memudahkan untuk melepas rambut yang kusut.

Perhatikan kulit kepala saat keramas

Gunakan ujung jari untuk menggosok sampo, sambil memijat lembut kulit kepala. Hindari langsung mengoleskan sampo di bagian tengah dan ujung rambut, karena sampo bisa menghilangkan minyak dari rambut, sehingga membuatnya mengering.

Keringkan rambut dengan lembut

Rambut rentan dan mudah patah ketika basah. Menggosok rambut dengan kuat dan membungkusnya dengan handuk, bisa membuat rambut menjadi lebih kusut. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menepuk rambut dengan haduk, kemudian biarkan mengering secara alami atau dengan bantuan kipas angin.

Jangan disisir saat basah

Seperti sebelumnya, rambut lebih rapuh saat dalam kondisi basah. Maka tidak disarankan untuk menyisirnya ketika baru selesai kermaas.

Saat menyisir rambut basah, kemungkinan besar rambut bisa patah, yang akhirnya menyebbakannya kusut di beberapa tempat. Sebagai gantinya, kamu bisa mengusap rambut dengan jari untuk menghaluskannya dan menghilangkan kusut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...