Jangan Biarkan Menumpuk, Yuk Lunasi Utang dengan Metode Snowball

Nurul Faradila

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

Jangan Biarkan Menumpuk, Yuk Lunasi Utang dengan Metode Snowball
Foto: Bankrate.com

Winnetnews.com -  Memiliki utang dapat membuat hidup menjadi tidak tenang dan sebisa mungkin dihindari oleh seseorang. Akan tetapi, terdapat situasi yang akhirnya membuat seseorang memutuskan untuk meminjam uang terlebih dahulu dengan orang lain.

Jika memiliki utang, sebaiknya memang harus segera dibayar agar tidak menumpuk dikemudian hari dan memberatkan kita. Terdapat salah satu cara yang bisa digunakan untuk melunasi utang, yakni dengan menggunakan metode Snowball.

Metode Snowball ini diperkenalkan oleh pakar keuangan Dave Ramsey, di mana kita bisa mencicil utang dengan cara membayarnya dari jumlah yang kecil terlebih dahulu. Cara ini dikenal dengan nama metode Snowball, karena proses membayar utang yang mirip seperti bola salju. Di mana hal tersebut dilakukan dari yang paling kecil, hingga nantinya melunasi utang dalam jumlah besar.

Agar bisa mempraktikan metode ini, kita perlu memahami langkah apa saja yang harus dilakukan. Berikut ini dalah beebrapa hal yang perlu disiapkan saat akan melakukan metode Snowball untuk melunasi utang.

Siapkan daftar

Jika kita memiliki pinjaman dari berbagai sumber yang berbeda, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan daftar. Cobalah untuk mengingat kepada siapa saja kita meminjam uang dan berapa jumlah yang dipinjam. Lalu urutkan dari pinjaman terendah hingga tertinggi yang telah kamu lakukan.

Bayar setiap bulan

Agar metode ini berhasil, kita harus melunasi cicilan minimum dari setiap utang tersebut setiap bulannya. Namun kita juga bisa mencoba untuk membayar ekstra pada utang dengan jumlah sisanya paling sedikit. Dengan cara ini, maka kita jadi lebih bisa cepat memangkas utang tersebut dan melunasinya satu per satu.

Gunakan uang ekstra

Jika kamu sudah berhasil melunasi utang dengan jumlah yang sedikit, gunakan uang ekstra dari pembayaran utang itu untuk membayar pinjaman yang lainnya. Artinya kita harus tetap mencicil utang paling kecil dalam daftar dengan uang lebih dari cicilan yang sudah ditetapkan.

Melunasi utang dengan menggunakan metode ini dianggap cukup efektif dan baik untuk psikologis seseorang. Pasalnya, saat melihat utang yang lunas satu per satu, maka kita pun akan menjadi termotivasi untuk melunasi pinjaman yang lainnya.

Akan tetapi, cara ini juga memiliki kekurangannya sendiri. Metode Snowball dianggap bisa menimbulkan bunga yang besar karena utang yang dibayar secara perlahan dan tanpa mempertimbangkan banyaknya bunga.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...