Skip to main content

Jangan Coba Coba Cabut Bulu Hidung!

Sumber foto : istimewa
Sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Bulu hidung yang telah tumbuh memanjang sehingga mencolok keluar, kadangkala membuat penampilan seseorang menjadi terlihat kurang sedap dipandang. Karena itu, ketika bulu hidung mulai memanjang beberapa orang mencabutnya hingga ke akar. Padahal mencabut bulu hidung sampai ke akar akan menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

Sebabnya, kebiasaan ini berpotensi menimbulkan luka di bagian akar bulu hidung, yang kemudian berkembang menjadi bisul. Repotnya lagi, bisul dalam hidung rasanya lebih parah ketimbang bisul yang eksis di bagian luar tubuh.

Penderita akan merasa cekot-cekot dan nyeri yang amat sangat sehingga bisa membuatnya tak bisa tidur dengan nyenyak.

Menurut Dr. Roestiniadi Djoko Soemantri SpTHT KL., bisul dalam hidung ini juga tak bisa sembuh dengan sendirinya. Sehingga, penderita disarankan untuk segera berobat ke dokter dan jangan coba-coba mengobati sendiri bisul tersebut.

Untuk mengobatinya, biasanya dokter akan memberi antibiotik. Antibiotik tersebut merupakan langkah yang penting. Karena ternyata, di bagian hidung terdapat pembuluh darah yang langsung mengarah ke otak. Dengan pemberian antibiotik tersebut, akan mencegah bakteri atau kuman lain masuk ke tubuh dan menyerang otak. Ngeri!

Lalu solusinya? Sebaiknya dibiarkan saja. Namun jika dirasa sangat mengganggu, termasuk dari segi penampilan, boleh saja dirapikan. Syaratnya, jangan dicabut, melainkan digunting dengan menggunakan gunting khusus. Ketika melakukan proses pemotongan bulu hidung, jaga agar jangan sampai ada potongan bulu hidung yang masuk ke dalam hidung.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top