Jangan Coba-Coba Melanggar Lalin Sekarang, CCTV Mengintai

Gunawan Wibisono
Sabtu, 21 Oktober 2017 07:56 WIB
Oleh Gunawan Wibisono pada Sabtu, 21 Oktober 2017 07:56 WIB
Image Jangan Coba-Coba Melanggar Lalin Sekarang, CCTV Mengintai
Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Untuk para pengguna kendaraan bermotor, mulai saat ini harus benar-benar tertib dalam berkendara. Jangan sekali-sekali berani melanggar lalu-lintas, karena Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya segera menerapkan tilang dengan menggunakan bukti screenshot rekaman CCTV. Nantinya, petugas akan mengirimkan surat tilang ke alamat rumah pelanggar.

"Salah satunya itu. Selama alamat yang tertera di STNK pelanggar ada di wilayah DKI, karena kan ada juga (kendaraan) yang dari luar DKI yang datanya belum terintegrasi ke kita," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra kepada wartawan di Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/10/2017).

Selain itu, mekanisme lain yang akan diterapkan yakni dengan menindak langsung pelanggar di lapangan dan memberikan surat tilang itu di lokasi. Nantinya, petugas yang berada di command center Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta yang memonitor CCTV akan berkomunikasi dengan anggota lalu lintas di lapangan melalui Handy Talkie (HT) ketika melihat pelanggar.

"Nanti ada petugas di ruang monitor di Dishub yang akan memonitor pakai HT juga, (akan memberitahu anggota di lapangan) bahwa ini sudah melanggar. Nanti akan disampaikan pakai HT juga ke petugas di lapangan, nanti dia foto (lewat CCTV), kemudian kita bawa alat bukti ke pengadilan," paparnya.

Penindakan melalui CCTV ini sebenarnya dapat mengurangi beban personel lalu lintas, seperti yang dilakukan di luar negeri salah satunya di Singapura. Sebab, dengan adanya CCTV, polisi tidak perlu memelototi setiap kendaraan yang melanggar lalu lintas. 

Hanya saja, masih ada beberapa kendala teknis dalam penerapan tilang dengan menggunakan CCTV ini. Salah satunya ketersediaan CCTV yang belum sepenuhnya menjangkau di setiap sudut jalanan Ibu Kota.

"Di samping itu, CCTV yang kualitasnya bagus, artinya tidak nge-blur saat kena cahaya lampu atau yang bisa nge-zoom itu baru sedikit," tuturnya.

Cara Move On dari Mantan Pacar
Dari Kantor Pusat PLN, KPK Bawa 3 Kardus dan 3 Koper

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.