Jangan Diamkan Bekas Luka Bakar, Ini Alasannya
ilustrasi

Jangan Diamkan Bekas Luka Bakar, Ini Alasannya

Jumat, 14 Feb 2020 | 18:02 | Rusmanto

Winnetnews.com - Mengobati bekas luka bakar perlu dilakukan segera mungkin. Luka bakar terjadi akibat kontak panas dengan kulit, sehingga menyebabkan luka pada jaringan kulit. Ketika luka bakar sembuh, biasanya meninggalkan jejak bekas luka jenis hipertrofik. Bila didiamkan saja, bekas luka ini dapat menimbulkan masalah lain.

Maka itu, ketahui langkah-langkah mengobati bekas luka bakar berikut ini.

Mengenali bekas luka bakar 

image0

Ada beragam sumber panas yang bisa menyebabkan luka bakar. Baik itu dari percikan listrik, sinar matahari, bara api, hingga logam panas. Biasanya luka bakar yang terjadi pada derajat dua dan tiga, sangat mungkin meninggalkan bekas luka hipertrofik.

Bekas luka hipertrofik biasanya ditandai dengan kulit yang kemerahan hingga keunguan. Selain itu, permukaan luka bakar timbul di atas permukaan kulit. Biasanya, Anda akan merasakan hangat dan gatal pada area luka bakar.

Dalam masa pemulihan, tubuh memiliki metode penyembuhan untuk membantu memperbaiki kerusakan kulit melalui protein yang disebut kolagen. Pada dasarnya, kolagen mampu memperbaiki kulit secara rapi dan merata. Namun, pada bekas luka bakar hipertrofik, kolagen memberikan tekstur dan tampilan yang tidak merata pada kulit. Sehingga penyembuhan luka dapat memakan waktu yang cukup lama. Untuk memperoleh hasil yang optimal, perlu segera mungkin mengobati bekas luka bakar.

Umumnya, luka akan menetap beberapa bulan setelah terjadi luka bakar. Puncak pembentukan luka membutuhkan waktu 6 bulan. Sementara itu pemulihan membutuhkan waktu 12-18 bulan. Seiring berjalannya waktu, bekas luka akan memudar, mengempis, serta kulit akan melembut.

Bekas luka hipertrofik dapat memicu beberapa masalah sebagai berikut.

  • luka pada persendian menyebabkan kesulitan untuk bergerak (kontraktur)
  • merasa tidak percaya diri karena bentuk dari luka bakar
  • akan membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah
  • bekas luka jadi lebih sensitif ketika terkena sinar matahari dan zat kimia

Untuk itu, Anda perlu segera mengobati bekas luka bakar untuk meminimalkan masalah di atas. Adapun langkah-langkah yang perlu Anda tempuh agar kulit bisa kembali pulih berikut ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...