Skip to main content

Jangan Hempaskan Kesehatanmu Gara-Gara Salah Pakai Gadget

foto dari lifehacker.com
foto dari lifehacker.com

WinNetNews.com-Rasa nyeri yang kamu alami bisa jadi karena hal-hal yang kamu tidak tahu ketika mengunakan gadget.

Nah untuk itulah coba deh perhatikan kembali ketika kamu pakai gadget. Apakah ada yang salah ketika mengunakannya. Kira-kira adakah posisi yang tanpa disadari ternyata keliru dan berbahaya bagi kita, padahal dianggap paling nyaman?

Dikutip dari Hipwee yang melansirnya dari laman Health.com mungkin bisa jadi acuan supaya kita bisa menjaga kesehatan kita dengan cara mengunakan perangkat teknologi dengan baik.

1. Posisi tidur tengkurap, separuh badan agak terangkat sambil kutak-atik handphone.

Ini memang posisi enak buat kita tapi ternyata posisi seperti ini bisa membuat tekanan darah ke jari-jari tangan terhambat karena posisi siku yang tertahan lantai.

Seluruh berat badan tertumpu ke siku yang bisa memperburuk saraf ulnaris (saraf yang mengontrol otot-otot di tangan, lengan bawah, dan jari). Kamu bisa merasakan akibatnya dimana bisa bikin cepat kesemutan, mati rasa, atau nyeri karena tekanan pada saraf tersebut. Kalau terlalu lama maka jarimu bakal kehilangan tenaga guna menggenggam ponsel.

Mungkin itu maka Nenek kita suka berpesan, jangan sering tidur tengkurap. Maka coba deh ganti posisi dari tidur tengkurapmu sambil main gadget. Supaya gak bikin sakit.

2. Posisi berdiri, kepala menunduk sambil pegang ponsel di sejajar area pusar.

Posisi seperti ini bakal membebankan sebanyak 60 pound (setara sekitar empat bola bowling) pada tulang belakang bagian atas menurut menurut penelitian di jurnal Bedah Teknologi Internasional.

Posisi seperti ini, bisa mempercepat degenerasi tulang belakang serta membahayakan otot leher. Maka baiknya, kamu dapat memposisikan ponselmu lebih tinggi hingga sejajar dengan dada atau pastikan nggak terlalu menunduk ke bawah ya.

3. Posisi pakai laptop dengan memangkunya, dalam posisi duduk dan membungkuk.

Seorang fisioterapis dan asisten profesor kinesiologi di Dalhousie University di Halifax, Nova Scotia, Janice Moreside, PhD, menyebut bahwa memakai laptop dalam posisi ini bisa menyebabkan masalah piringan yang terselip sepanjang tali tulang belakang.

Masalah ini jadi penyebab umum sakit punggung yang parah dan linu di sekitar panggul. Ini juga akan membuat aliran darah di kaki terganggu, hingga kamu bakal merasa lemas sewaktu berdiri.

Maka baiknya nih coba pindahkan posisi laptop ke meja. Duduk sejajar laptop. Posisi ini bisa membuat tulang belakang jadi nyaman.Sekarang kita sudah tahu ya. Yuk coba tetap sehat dengan pakai gadget.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top