Skip to main content

Jangan Kaget Jika Perazia STNK Nanti Berseragam Dispenda

Foto: Zool WNN
Foto: Zool WNN

WinNetNews.com – Razia akan kembali tergelar bagi pengguna kendaraan bermotor. Rencananya, razia kali ini akan terlaksana pada akhir April atau awal Mei 2017. Target operasi adalah Surat Tanda Nomer Kendaraan (STNK).

“Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemda sebagai leading sector akan mengadakan razia bersama kendaraan bermotor belum daftar ulang (BDU) dengan melibatkan stakeholder lainnya,” ungkap Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Senin (20/3/2017).

Budiyanto menambahkan, selain Badan Pajak dan Retribusi Daerah, razia juga melibatkan Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Sebelum pelaksanaan, kegiatan ini akan disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat.

"Pelaksanaan razia kira-kira antara akhir April atau awal Mei 2017. Jadi jangan kaget kalau kemudian Petugas Dispenda menghentikan anda untuk memeriksa pajak kendaraan bermotor. Pihak Kepolisian dan yang lainnya akan mendampingi," terangnya.

Berdasarkan rekapitulasi data oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI, kendaraan bermotor yang belum daftar ulang (BDU) sampai saat ini mencapai jutaan. Untuk motor terdapat 3,2 juta unit dan mobil sebanyak 600 ribu. Sesuai Pasal 70 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa masa berlaku STNK adalah 5 tahun dan wajib setiap satu tahun mendapat pengesahan.

“Jadi razia nanti rencananya bukan masalah STNK mati saja, tetapi juga keabsahan STNK itu sendiri," tutupnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top