Jangan Konsumsi Buah Berikut Ini untuk Sarapan
ilustrasi

Jangan Konsumsi Buah Berikut Ini untuk Sarapan

Rabu, 16 Sep 2020 | 13:57 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Buah-buahan mengandung ragam nutrisi yang bisa mendatangkan manfaat untuk tubuh. Maka tak heran, buah sering dipilih untuk dikonsumsi saat sarapan dengan harapan bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi di pagi hari.

Sarapan dengan buah memang sah-sah saja. Akan tetapi, Anda sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih buah untuk menu sarapan. Sebab, tidak semua buah bisa benar-benar memberikan manfaat jika dijadikan sebagai sarapan.

Konsumsi jenis buah yang tidak baik untuk sarapan, justru bisa menimbulkan keluhan yang akan mengganggu aktivitas Anda. Lalu, buah-buahan apa saja yang tidak boleh untuk sarapan? Ini dia beberapa di antaranya:

1. Jeruk

image0

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Berkat kedua zat gizi tersebut, jeruk dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan sistem imun tubuh. 

Sayangnya, jeruk menjadi jenis buah yang tidak baik untuk sarapan. Manfaat yang ditawarkan jeruk bisa menjadi tidak berharga jika Anda mengonsumsi buah tersebut saat sarapan.

Hal ini karena rasa asam yang ada pada jeruk dapat memicu gangguan saluran pencernaan, seperti perut kembung, mual, dan muntah apalagi bila dikonsumsi saat perut sedang kosong.

Artikel Lainnya: Ini Dia Kombinasi Buah yang Baik untuk Sarapan Pagi

2. Apel

Konsumsi satu apel sehari akan membuat Anda sehat selama berhari-hari. Sebab, apel tinggi akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu menangkal dampak buruk radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan, dan menurunkan risiko kejadian penyakit infeksi.

Akan tetapi, apel termasuk jenis buah yang tidak cocok untuk sarapan. Jadi, manfaat apel tersebut akan sia-sia saja jika dikonsumsi saat sarapan atau ketika kondisi perut sedang kosong.

Mengapa demikian? Ini disebabkan oleh kandungan fruktosa dalam apel. Pada beberapa orang, zat tersebut sulit untuk diserap oleh tubuh. Alhasil, yang terjadi adalah perut kembung, diare, atau masalah saluran pencernaan lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...