Jangan Lakukan Lagi, Ini Bahaya Mengoleskan Lemon ke Wajah
Foto: Unsplash/Brigith Roosipuu

Jangan Lakukan Lagi, Ini Bahaya Mengoleskan Lemon ke Wajah

Selasa, 15 Sep 2020 | 16:43 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Lemon sering kali dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat. Meskipun memang memiliki khasiat yang bagus, namun para ahli dermatologis malah tidak menyarankan untuk menggunakan perasan lemon atau mengoleskannya langsung ke wajah saat ingin mengobati jerawat.

Pasalnya, penggunaan lemon secara langsung ke kulit dapat memberikan dampak yang buruk. Berbeda jika lemon berada dalam kandungan skincare yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Perasan lemon diketahui mempunyai kandungan 5-6% asam sitrat yang bermanfaat untuk eksfoliasi kulit agar tetap bersih. Asam sitrat itu pula yang berfungsi sebagai antimikroba, sehingga dapat melawan bakteri yang menimbulkan jerawat.

Kadar asam sitrat yang tinggi dalam perasan lemon, menciptakan lingkungan yang tidak ramah untuk bakteri, menyegarkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan mengurangi produksi minyak. Tak hanya itu, kandungan vitamin C yang berbentuk ascorbid acid dalam perasan lemon juga bermanfaat sebagai antioksidan.

lemon untuk jerawat
Foto: Unsplash/Heather Gill

Meskipun memiliki segudang manfaat untuk mengatasi jerawat, namun jangan pernah berpikir untuk mengoleskan perasan lemon langsung ke wajah kita ya. Soalnya, perasan lemon tersebut dapat menyebabkan iritasi.

Seperti yang kita ketahui bahwa kulit manusia mempunyai pH 4,5 hingga 5,5, sedangkan lemon sekitar 2. Perbedaan tersebut dapat menimbulkan rasa perih, kulit mengelupas, dan kemerahan. Jika terkena paparan sinar UV, maka efeknya pun akan lebih parah.

Kalau kita tidak menggunakan sunscreen setelah mengaplikasikan air perasan lemon, maka dapat menyebabkan kulit terbakar dan ruam hiperpigmentasi. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan lemon yang sudah ada dalam kandungan skincare dan tidak mengaplikasikannya langsung ke kulit wajah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...