Jangan Lupa Mampir ke Goa Pindul Ya, Kalau Lagi Liburan di Yogyakarta
Foto: wisatagoapindul

Jangan Lupa Mampir ke Goa Pindul Ya, Kalau Lagi Liburan di Yogyakarta

Senin, 24 Jul 2017 | 11:51 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Sebenarnya banyak sekali pilihan destinasi wisata di Yogyakarta yang bisa dinikmati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Mulai dari wisata Sejarah, pantai sampai dengan wisata goa semua ada di Yogyakarta.Nah kali ini akan dibahas tempat wisata goa yang bernamaobjek wisata Goa pindul, Wisata Goa Pindul merupakan destinasi wisata alam yang sangat terkenal di Yogyakarta kususnya di kabupaten Gunung Kidul, dengan keindahan goa yang berhiaskan oranamen goa seperti stalagtit dan stalakmit yang terbentuk ratusan tahun di masa lampau menjadi daya tarik yang kuat untuk para wisatawan yang datang.

Goa pindul sndirimerupakan sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 350 meter dengan kedalaman 5 sampai 6 meter, oleh karena itu untuk menyusuri Goa Pindul di butuhkan atributu kusus seperti ban pelampung dll agar semua pengunjung yang tidak bisa berenang tetap dapat menikmati wahana menyusuri sungai bawah tanah Goa Pindul.

Di dalam goa pindul terdapat 3 zona yaitu zana terang , zona remang-remang dan zona gelap tentu akan menjadi wisata yang berkesan dapat menyusuri sungai bawah tanah Goa Pindul ini, air yang terdapat di dalam goa merupakan air yang sangat jernih hingga ketika terkena cahaya pada zona terang maka akan tempak dasar dari sungai bawah tanah ini, sungai bawah tanah goa pindul ini bersumber dari mata air Gedong Tujuh yang merupakan sumber air bawah tanah yang tidak mudah tercemar, tetapi jika saat musim hujan air di dalam goa pindul ini akan sedikit keruh juga karena tercemar oleh air hujan yang masuk.

Untuk menikmati pesona Objek Wisata Goa Pindul Jogja terdapat 3 wahana yang sangat menarik untuk di coba di antaranya :

Goa Pindul

Foto: Yogya_backpaker

Cave Tubing Goa Pindul

Menyusuri sungai sudah menjadi hal yang biasa di lakukan tetapi menyusuri sungai bawah tanah atau goa yag di aliri air tentu ini akan menjadi pengalaman yang sangat menarik untuk di lakukan. Untuk aktivitas ini anda hanya bisa melakukan-nya di Goa Pindul saja, aktivitas ini sering di sebut dengan cave tubing goa pindul, di sini para wisatawan akan di ajak oleh pemandu yang tentunya sudah sangat berpengalaman untuk menyusuri sungai bawah tanah goa pindul yang mempunyai panjang sekitar 350 meter dengan kedalaman air sekitar 5-12 meter.

Menyusuri sungai bawah ini para wisatawan harus mengenakan atribut kusus berupaban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet, Head Lamp, di dalam goa ini para wisatawan akan di suguhi dengan pemandangan yang sangat menarik, dinding goa yang berhiaskan oranamen goa seperti stalagtit dan stalakmit yang terbentuk dari tetesan air selama ratusan tahun yang lalu sungguh sangat mengagumkan. Di dalam goa para wisatawan akan melihat 3 zona yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap, di saat zona terang wisawan dapat menyaksikan indahnya cahaya matahari yang masuk melalui celah mulut goa, dan juga menikmati sejuknya udara di dalam goa hingga membuat fikiran berasa fress dan laksna terlepas dari penatnya aktivitas hidup, untuk menyusuri sungai Bawah tanah goa pindul dapat di tempuh dengan waktu sekitar 45 menit.

River Tubing Kali Oya

Jika Cave Tubing Goa pindul ini para wisatawan di ajak menyusuri sungai bawah tanah berbeda dengan River Tubing Kali Oya yang merupakan aktivitas menyusui sungai oya yang memiliki panjang sekitar 1.5 Km. di sini para wisatwan akan di ajak untuk menyusui sungai oyo dengan atribut pengaman seperti saat menyusuri sungai bawah tanah goa pindul.

Pada saat menyusuri sungai oya wisawatawan dapat menikmati idahnya pemandangan di tepi-tepi sungai berupa batuan kars dan pepohonan yang hijau dan sangat menyejukan mata memandang, di tengah menelusuri songai oya para pengunjung nantinya akan diajak berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan air terjun, sungguh pengalaman yang sangat mengesankan bukan.

Goa Pindul

Foto: Istimewa

Off Road Desa Wisata Bejiharjo

Bebeda dengan River Tubing Kali Oya dan Cave Tubing Goa Pindul di wahana ini wisatwan akan di ajak berkeliling dan menyusuri desa wisata bjiharjo untuk menikmati indahnya pemandangan desa wisata ini dengan menggunakan kendaraan Jeep ff Road.

Nyali Anda di sini akan di tantang dengan melewati jalanan berbatu licin nan terjal, tentu ini akan menjadi pengalaman yang mengesankan sekaligus menegangkan. Nah bagaimana, anda tertarik? jika anda tertarik langsung saja datang ke lokasi wisata Goa pindul yang terletak di Padukuhan Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menikmati aktivitas Cave Tubing Goa Pindul sebaiknya anda dating sekitar pukul 09.00 pagi karena di waktu tersebut cukup ideal karena pengunjung yang datang juga belum begitu ramai dan juga udara di dalam goa tidak terlalu dingin.

Lokasi Goa Pindul dapat di tempuh selama sekitar 2 jam perjalanan dari kota Jogja, dan biasanya setelah anda sampai di wilayah hutan bunder di pinggir-pinggir jalan banyak sekali tour guide yang mangkal menanti pelangganya anda bisa menggunakan jasa mereka untuk memandu berwisata di goa pindul atau anda bisa langsung saja ke lokasi biasanya di sana juga akan di tawari paket wisata dari pengelola goa pindul.

Seperti yang saya ulas di atas untuk mencoba wahana di goa pindul telah di sediakan paket wisata yang di tawarkan oleh warga sekitar karena memang pengelolaan goa pindul ini di pegang oleh masyarakat desa Bjiharjo, paket-paket wisata tersebut di antaranya paket Cave Tubing Pindul, Off Road Desa Wisata Bejiharjo dan River Tubing Kali Oya.

Untuk paket Cave Tubing Pindul yang ditawarkan berkisar dari Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu per orang (Rp.50 ribu untuk turis Mancanegara) untuk hari-hari biasa dengan biaya tersebut sudah termasuk dalam Fasilitas yang mencakup pemandu wisata dan atribut-atribut kusus seperti ban karet, sepatu karet, jaket pelampung, dan head lam, Selengkapnya sebagai berikut.

Rute Jalan ke Goa Pindul Yogyakarta

Untuk rute jalan ke goa pindul jika arah keberangkatan anda dari kota jogja ambil saja jalan yang menuju Jl.Wonosari -Yogyakarta kemudian lurus saja hingga sampai ke Bunderan Siyono yang terdapat air mancur di tengah-tengah bunderan tersebut, dari situ anda ambil jalan ke kiri kearah piyaman kemudian anda juga akan melewati rumah sakit PKU lalu perempatan Budegan kemudian sesampainya di pertigaan gerbang desa Bajiharjo anda belok kekiri terus saja hingga anda sampai di lokasi gerbang desa wisata Bajiharjo.

Dilansir dari berbagai sumber

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...