Skip to main content

Jangan Makan 4 Makanan ini Malam Nanti ya!

Jangan Makan 4 Makanan ini Malam Nanti ya!
Jangan Makan 4 Makanan ini Malam Nanti ya!

winnetnews.com - Menyantap camilan ataupun makan di malam hari memang guilty pleasure. Nggak jarang juga dari kita yang nggak pernah mengontrol makanannya pada malam hari. Padahal beberapa makanan nggak baik, lho, jika dikonsumsi pada jam-jam ini. Kebanyakan dari makanan ini adalah makanan yang akan membuatmu gemuk dan menyebabkan gangguan kesehatan. Apa saja makanan yang sebaiknya kamu hindari pada malam hari?

1. Hindari keju sebelum tidur agar jantungmu senantiasa sehat

Keju berpotensi membuat kita semakin gemuk karena kandungan lemak yang terdapat di dalamnya. Selain itu, keju bisa membuat kamu makan terus-menerus karena rasanya yang enak. Selain itu ternyata mengkonsumsi keju sebelum tidur juga bisa menyebabkan mimpi buruk, ini dikarenakan dalam keju terkandung jamur yang dapat memiliki efek psikoaktif serta tyramine, bahan kimia yang dikenal sebagai neurotransmiter.

Tak hanya itu, rasa asin, lemak, dan kolesterol pada keju juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Aduh, jangan sering ngemil keju malam-malam, ya!

2. Memakan buah-buahan yang asam di malam hari bisa menambah gas pada pencernaanmu. Kalau nggak mau kembung, dikurang-kurangi ya!

Buah-buahan seperti anggur, jeruk, dan nanas baiknya dimakan di siang hari karena kandungan asamnya bisa menyebabkan masalah lambung jika dikonsumsi di malam hari. Akibatnya kamu akan mengalami maag atau kembung yang membuatmu nggak nyaman saat tidur. Disarankan konsumsi buah dalam jumlah kecil pada malam hari. Hal ini akan membuat buah tak kehilangan manfaatnya walau dikonsumsi sebelum tidur.

3. Makanan pedas dan mengandung bawang putih jelas bukan pilihan untuk menemani malammu

Memakan makanan pedas dapat membuat pencernaan bekerja penuh, padahal pada malam hari pencernaan mengalami penurunan aktivitas untuk persiapan menjelang tubuh beristirahat. Akibatnya jika memakan pedas, kamu akan mendapatkan rasa yang nggak nyaman di perut sehingga kamu mudah terbangun di malam hari. Selain itu pada makanan pedas juga terdapat senyawa kimia yang bisa membuatmu mengalami mimpi buruk. Sedangkan mengkonsumsi bawang putih juga bisa menyebabkan heartburn atau rasa panas pada dada ketika dikonsumsi sebelum tidur.

4. Kesampingkan dulu keinginanmu memakan steik atau sate daging kesukaanmu

Pada malam hari sebelum tidur, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi maupun kambing. Daging merupakan makanan yang sangat sulit dicerna, selain itu juga mengandung triptofan dan zat besi yang bisa membuat tidur jadi terganggu bahkan bisa menyebabkan kram jika dikonsumsi sebelum tidur. Lemak dan protein di yang terkandung dalam daging merah pun dapat mengganggu kesehatan badanmu serta dapat berdampak pada kenaikan berat badan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top