Jangan Pernah Konsumsi Makanan Ini Bersama dengan Kopi

Oky
Oky

Jangan Pernah Konsumsi Makanan Ini Bersama dengan Kopi

Winnetnews.com - Minum kopi sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang Indonesia. Efek kafein yang bisa menambah energi pun menjadi alasan kenapa kopi disukai banyak orang. 

Seringkali orang-orang menyediakan kopi sebagai teman mengerjakan tugas ataupun teman nongkrong. Terkadang ada juga meminum kopi setelah memakan makanan berat. Namun, tidak semua makanan dapat dikonsumsi bersamaan dengan kopi, karena justru dapat membahayakan tubuh.

Minum kopi setelah makan dapat memengaruhi kemampuan tubuh kamu untuk menyerap beberapa mineral dan vitamin. Maka dari itu kamu harus menghindari makanan-makanan ini dimakan berbarengan dengan kopi.

Apa saja makanan yang tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan kopi? Berikut 5 makanan tersebut.

  1. Jamur



    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Bone Metabolism pada tahun 2017, menemukan bahwa subjek penelitian yang minum lebih banyak kopi cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah. Jamur merupakan sayuran yang kaya akan vitamin D. Kamu perlu menjaga jarak jika akan memakan jamur dan minum kopi.

  2. Daging



    Kopi mengandung tannate yang membentuk ikatan dengan beberapa mineral dalam makanan kamu. Karena ikatan ini sangat sulit bagi tubuh kamu untuk rusak, minum kopi dapat membuat kamu mengeluarkan zinc yang padahal akan kamu serap. Hindari minum kopi setelah mengonsumsi makanan mengandung zinc, seperti tiram, daging merah, unggas, dan kacang-kacangan.

  3. Susu dan olahan susu.



    Kafein dalam kopi biasa dapat memengaruhi penyerapan kalsium dan meningkatkan jumlah kalsium yang kamu buang dalam urin. Efek ini relatif kecil bagi kebanyakan orang, dengan setiap cangkir kopi menyebabkan kamu mengeluarkan hanya 2 hingga 3 miligram dari 1.000 miligram asupan harian yang disarankan. Namun ada baiknya kamu menghindari memakan olahan susu sebelum meminum kopi. Atau bisa juga gunakan kopi olahan yang tidak mengandung kafein.

  4. Kacang-kacangan



    Zat besi dalam makanan kamu datang dalam dua bentuk: heme dan nonheme. Meski tubuh kamu dapat dengan mudah menyerap zat besi heme dalam makanan hewani, makanan nabati hanya mengandung zat besi non-heme. Sebab vegan dan vegetarian sulit menyerap zat besi nonheme. Efek yang ditimbulkan pada saat kamu memakan kacang-kacangan lalu meminum kopi sama seperti saat memakan daging. Hindari memakan kacang-kacangan bersamaan dengan minum kopi.

  5. Ikan



    Ikan juga memiliki kandungan vitamin D yang tinggi, terutama ikan salmon. Meski belum diketahui mengapa bisa subjek penggemar kopi bisa kekurangan vitamin D kamu harus menjaga jarak setelah makan ikan.

Apa Reaksi Kamu?