Jangan Putus Asa, Ekonomi RI bakal berbalik naik Tegas Menteri Lembong

Jangan Putus Asa, Ekonomi RI bakal berbalik naik Tegas  Menteri Lembong

Jakarta - Grafik ekonomi suatu negara tak selamanya meningkat. ada kalanya bakal menemui penurunan “Tegas Menteri Perdagangan Thomas Lembong.

"Ekonomi ini sifatnya siklus. kalau ekonomi naik bukan berarti naik terus," katanya dalam diskusi bertajuk "Melepas Tekanan Berat Ekonomi" di Jakarta, Sabtu (19/9).

Ekonomi Indonesia sempat menikmati berkah dari lonjakan harga komoditas internasional. Namun, ketika masa keemasan itu berakhir pada 2011, ekonomi Indonesia perlahan menurun.

"Ekonomi Indonesia sudah terlihat melamban sejak tiga tahun lalu. Tapi ekonomi nggak akan selamanya turun terus," katanya. "Suatu saat kondisi ekonomi akan berbalik (naik). jangan putus asa."

Dia mengakui ekonomi Indonesia tak siap ketika menghadapi perubahan ekonomi global. Ini terlihat dari kondisi infrastruktur dan struktur Industri di Tanah Air yang sudah ketinggalan.

"Terus terang saja, saya menyesal dalam hati, banyak sekali kita tak siap dan ketinggalan. Ketika fokus China berubah dari industri berat ke ringan, bahkan konsumsi, kita nggak siap melayani," katanya. "Namun demikian kita tetap harus ambil tindakan. Dunia sepakat persoalan Indonesia adalah infrastruktur.Banyak sekali investor mau bangun perusahaan berorientasi ekspor, tapi listrik nggak ada."