Jangan Remehkan Plesir Di Laut

Jangan Remehkan Plesir Di Laut

Tidak hanya indah untuk bersantai saja, laut juga bisa memberi banyak manfaat pada tubuh lewat kandungan garamnya. Selain ikan dan biota laut tadi, jangan lupakan manfaat dari garam laut. Meski senyawa ionik netral ini biasa dipakai sebagai bumbu masak, namun ia punya berbagai khasiat untuk kesehatan manusia. Melansir laman okezone.com, beberapa manfaat dari butiran putih asin ini antara lain:

Sistem imun tubuh

Garam laut secara alami bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga bikin tubuh mampu melawan berbagai virus yang menyerang tubuh seperti, flu, demam, alergi serta penyakit autoimun lainnya.

Pencegah osteoporosis

Salah satu pemicu osteoporosis adalah kurangnya garam dan gula, sehingga tubuh ‘menarik’ sodium ke tulang. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi garam laut setiap hari, dengan takaran yang tepat, dapat membantu mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

Menurunkan diabetes

Jika Anda penderita diabetes, mulailah mengonsumsi garam laut. Manfaat lain dari garam laut adalah bisa mengurangi kebutuhan insulin, dengan menjaga kadar gula dalam tubuh. Jadi, garam adalah salah satu bagian penting dalam diet bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko terkena penyakit tersebut.

Menjaga jantung

Garam laut juga berfungsi menurunkan kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi serta dapat membantu mengembalikan detak jantung agar teratur. Dengan demikian, garam laut dapat mencegah serangan aterosklerosis pada jantung dan serangan stroke.

Membantu penderita asma

Garam laut juga bermanfaat mengurangi peradangan pada sistem pernapasan dan mengurangi produksi dahak pada tubuh, sehingga Anda bisa bernapas dengan lebih lega. Garam laut ini tidak menimbulkan efek samping selama penggunaannya sesuai kebutuhan.